Apa saja jenis-jenis kucing persia yang biasa dipelihara?

kucing persia

Apa saja jenis-jenis kucing persia?

1. Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya adalah jenis kucing Persia yang memiliki hidung tidak terlalu pesek. Penampakannya sangat lucu dengan bulu lebat warna putih. Pada bagian wajah, telinga, tangan, kaki dan ekornya warna coklat gelap.

Jenis Kucing Persia Himalaya memiliki badan yang agak gempal. Bulunya sangat halus dan tebal, seperti bulu domba saja. Kucing ini pada awalnya merupakan hasil perkawinan silang antara Kucing Persia dengan Kucing Siam. Jadilah lahir penampakkan lucu si Himalaya ini. Bola mata Jenis Kucing Persia Himalaya tidak begitu besar. Sorot matanya nampak sendu dengan pupil berwarna putih keabuan atau putih kebiruan.

2. Kucing Persia Medium

Kucing Persia Medium

Persia Medium adalah Jenis Kucing Persia yang memiliki hidung agak pesek. Warna bulu Jenis Kucing Persia Medium beragam, mulai dari putih, coklat bahkan abu-abu. Sekilas, wajahnya sangat mirip dengan kucing lokal Indonesia. Hanya saja buntutnya lebih panjang dan lebat bulunya. Rata-rata jenis Kucing Persia Medium ini memiliki badan yang tidak terlalu gemuk. Kecuali kalau mendapatkan perawatan tepat, badannya bisa sangat bulat.

3. Kucing Persia Flatnose

Kucing Persia Flatnose

Persia Flatnose adalah Jenis Kucing Persia yang memiliki wajah dan hidung sangat datar. Nampak sekali hidungnya pesek, rata dengan dahi dan dagu. Warna bulunya bermacam-macam sebagaimana kucing lokal. Jenis Kucing Persia Flatnose ini memiliki bulu-bulu yang sangat halus. Merata di sekujur tubuhnya dan cenderung sama panjang. Telinganya berbentuk segitiga warna pink. Mulutnya begitu kecil dan ada kumisnya yang agak panjang.

4. Kucing Persia Peaknose

Kucing Persia Peaknose

Bentuk dagu dan mulutnya sangat kecil. Hidungnya pesek dan wajahnya agak cekung. Tapi dahinya jadi nampak jenong. Bulunya agak lebat dan badannya bisa juga gempal kalau memang umurnya sudah banyak.

Sumber:
https://www.hewan.id/kucing/persia.html

Berikut ini 4 kucing persia yang sering dijadikan peliharaan keluarga.

  1. Persia himalaya
    Kucing persia himalaya memiliki pola colorpoint. Disebut colorpoint karena jenis ras kucing ini tubuhnya merupakan campuran antara kucing persia dan kucing siam. Ciri khasnya memiliki warna hitam hanya pada telinga, hidung, ekor, dan ujung-ujung kaki, sedangkan warna bulu pada tubuh lainnya adalah putih.

  2. Persia flatnose
    Sesuai dengan namanya, kucing jenis ini memiliki hidung yang pesek. Walaupun pesek, kucing persia flatnose tetap lucu dan menggemaskan. Ciri lainnya, yaitu tubuhnya gemuk dan pendek dengan pipi yang gembul. Beberapa orang kerap kali tidak bisa membedakan jenis flatnose dan persia peaknose.

  3. Persia peaknose
    Kucing persia peaknose merupakan jenis paling disukai dibanding jenis persia lainnya. Bahkan di beberapa perlombaan kucing di Indonesia, jenis peaknose memiliki popularitas yang tinggi. Persia peaknose memiliki pembawaan tenang dan menjadi kucing yang paling pas dipelihara di rumah. Sesuai dengan namanya, peaknose, kucing jenis ini memiliki hidung lebih pesek dibanding flatnose. Tetapi semakin pesek hidungnya, semakin mahal pula harganya. Karena pada zaman dahulu masyarakat Amerika Serikat menganggap persia peaknose sebagai kucing hias dan dirawat dengan pembiakan sangat selektif, sehingga menghasilkan kucing unggulan untuk sebuah pameran atau show.

  4. Persia medium
    Kucing persia medium memiliki dua jenis bulu, yaitu bulu pendek dan panjang. Wajahnya yang lucu dan memiliki hidup cenderung mancung. Popularitasnya masih jauh dibanding jenis flatnose dan peaknose.

Sumber: Bobo.grid.id