Apa saja jenis-jenis kebutuhan pelanggan?

pelanggan

Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari. Atau mereka tidak dapat mengutarakan kebutuhankebutuhan ini. Atau mereka menggunakan bahasa yang membutuhkan penafsiran.

Apa saja jenis-jenis kebutuhan pelanggan ?

Memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan bukanlah merupakan tugas yang sederhana. Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari. Atau mereka tidak dapat mengutarakan kebutuhan- kebutuhannya. Atau mereka menggunakan bahasa yang membutuhkan penafsiran. Apa artinya jika pelanggan meminta mobil yang “tidak mahal”, mesin pemotong rumput yang “kuat”, mesin bubut yang “cepat”, baju renang yang “menarik”, atau hotel yang “tenang”? Kita dapat membedakan lima jenis kebutuhan :

Kebutuhan yang diutarakan, pada kebutuhan ini pelanggan secara langsung menyampaikan atau mengutarakan apa yang dia inginkan, seperti menginginkan sebuah mobil yang tidak mahal.

Kebutuhan nyata, contohnya pelanggan menginginkan sebuah mobil dengan biaya operasi yang rendah, bukannya harga beli yang murah.

Kebutuhan yang tidak diutarakan, pelanggan tidak mengutarakannya, kebutuhan ini terjadi atas dasar rasa kepuasan terhadap pelayanan yang baik.

Kebutuhan kegembiraan/delight, kebutuhan pelanggan dalam memakai produk agar mendapatkan reward atau hadiah, seperti membeli mobil dan mendapatkan hadiah.

Kebutuhan rahasia, pelanggan ingin dipandang teman-temannya sebagai konsumen cerdas berorientasi nilai.

Secara umum, perusahaan dapat menangani permintaan pelanggan dengan memberikan apa yang mereka inginkan, atau apa yang mereka butuhkan, atau apa yang benar-benar mereka butuhkan. Kunci pemasaran profesional adalah memahami kebutuhan riil pelanggan dan memenuhinya dengan lebih baik daripada yang dilakukan para pesaing.