Apa saja jenis-jenis ikan nemo yang bisa dipelihara ?

nemo

(miyul) #1

image

Apa saja jenis-jenis ikan nemo yang bisa dijadikan ipeliharaan ?


(Bagus vinaldy) #2

Terdapat beberapa jenis ikan nemo, berikut ini Jenis jenis ikan nemo :

1. Ikan Nemo Amphiprion chagosensis

image

Ikan Nemo Amphiprion chagosensisAmphiprion chagosensis termasuk ikan laut yang masuk ke dalam famili Pomacentridae. Ikan nemo jenis ini merupakan ikan nemo yang biasa hidup di samudera hindia dan perairan indonesia. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil yaitu hanya 10-18 cm. Amphiprion chagosensis biasanya mempunyai warna tubu orange, kuning atau merah. Di bagian siripnya ikan ini berarna coklat kehitaman.

2. Ikan Nemo Amphiprion polymnus

image

Ikan Nemo Amphiprion polymnusIkan ini dikenal sebagai clownfish saddleback atau yellowfin anemonefish, adalah spesies anemon hitam dan putih dengan pelana yang khas. ikan ini merupakan jenis ikan hermaprodit, dimana ikan betina terbesar akan berubah menjadi ikan jantan jika tidak ada ikan jantan disekitar populasi ikan nemo ini

3. Ikan Nemo Amphiprion sebae

image

Ikan Nemo Amphiprion sebaeAmphiprion sebae juga dikenal sebagai sebae clownfish, adalah anemon yang ditemukan di Samudera Hindia utara, dari Jawa sampai Jazirah Arab. A. sebae, tinggal dalam hubungan simbiosis mutualisme dengan hostnya.

4. Ikan Nemo Amphiprion ocellaris

image

Ikan Nemo Amphiprion ocellaris Amphiprion ocellaris juga dikenal sebagai clownfish percesel palsu atau clownfish yang umum, adalah ikan laut yang termasuk famili Pomacentridae, yang meliputi ikan badut dan damselfish. Amfiprion ocellaris ditemukan dalam berbagai warna, tergantung lingkungan di mana mereka berada. Contohnya, Amfiprion hitam ocellaris dengan band putih dapat ditemukan di dekat Australia utara, Asia Tenggara, dan Jepang

5. Ikan Nemo Amphiprion percula

image

Ikan Nemo Amphiprion perculaIkan clownfish oranye (Amphiprion percula) juga dikenal sebagai ikan badut, ikan ini sering hidup dalam kaitannya dengan anemon laut. Ikan nemo jenis ini sangat populer dikalangan pecinta ikan hias laut. A. percula dikaitkan secara khusus dengan Heteractis magnifica dan Stichodactyla gigantea, dan saat larva menggunakan isyarat kimia yang dilepaskan dari anemon untuk mengidentifikasi dan menemukan spesies inang yang sesuai untuk menggunakannya untuk perlindungan.

6. Ikan Nemo Premnas biaculeatus

image

Ikan Nemo Premnas biaculeatusIkan nemo ini sering disebut juga sebagai ikan anemon merah. Ikan ini memliki warna merah marun dengan corak warna putih. Ikan ini biasanya hidup di daerah perairan indo-pasifik dan banyak juga terdapat di lautan di perairan sebelah barat indonesia.

sumber :
https://nusabudidaya.com/jenis-dan-gambar-ikan-nemo/