Apa saja jenis-jenis ikan gurame ?

ikan gurame

Kita ketahui bersama bahwa ada banyak jenis ikan air tawar dari satu hewan, jenis tersebut tentu berdasarkan golongan dan habitatnya, sehingga tak heran banyak sekali macam-macam gurame. Apa saja jenis-jenis ikan gurame ?

Berikut jenis-jenis ikan gurame:

1. Gurame Batu

Gurame Batu

Gurame ini terkenal dengan nama batu karena hidup di sungai atau perairan yang penuh dengan bebatuan. Warna sisiknya yang mencolok membuat ikan gurame batu mudah dikenali. Tapi sayangnya, dibeberapa daerah hanya sedikit yang ingin mempelihara atau mencarinya. Meskipun ikan gurame batu merupakan jenis yang paling mahal jika dijual. Alasan yang membuat ikan ini sedikit peminatnya adalah karena waktu berkembang biak yang cukup lama dan memakan waktu hingga tahunan. Untuk mendapatkan gurame batu dewasa anda harus menunggu sekitar 2 tahun.

2. Gurame Putih

Gurame Putih

Sebenarnya warna tidak menjadi dasar utama dalam menentukan jenis dari ikan ini. Namun, karena warna ikan tersebut lebih cenderung putih, maka banyak yang menyebutnya sebagai ikan gurame putih. Jenis ini biasanya juga disebut dengan gurame paris loh. Perbedaan dari gurame lainnya tidak terlalu signifikan, hanya warna saja yang berbeda. Sedangkan untuk waktu berkembang biak, gurame putih cenderung lebih cepat, sekitar 7 bulanan.

3. Gurame Abu-Abu/Bastar

Gurame Abu-Abu/Bastar

Warna abu-abu menjadi ciri utama dari ikan ini. Jangan salah, meskipun warnanya yang memiliki ciri khas tersendiri, ternyata gurame bastar menjadi salah satu yang paling populer untuk dikonsumsi daripada jenis lainnya. Tanda lain ikan ini adalah memiliki moncong atau bibir yang tebal.

4. Gurame Porselen

Gurame jenis ini ternyata dapat dijadikan sebagai menu hidangan yang paling enak. Selain dapat dibudidaya dengan mudah, ikan gurame ini juga lebih cepat besar dibandingkan dengan jenis jenis gurami loh. Untuk ciri-ciri dari ikan gurame porselen bisa kita bedakan dari bentuk kepala. Jenis porselen memiliki bentuk kepala yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan gurame lainnya. Biasanya jenis ini menjadi salah satu yang favorit untuk dijadikan bisnis ikan gurame karena dapat berkembang biak dengan cepat serta perkembangan tubuh yang lebih cepat dibanding lainnya.