Apa saja jenis-jenis Ikan Discus ?

Ikan discus

Ikan Discus tergolong dalam Symphysodon, yang mana terdiri dari tiga jenis spesies: Discus biasa (Symphysodon aequifasciatus), Discus Heckel (Symphysodon discus) dan spesies baru yang belum diberi nama yaitu Symphysodon tarzoo.

Apa saja jenis-jenis Ikan Discus ?

Berikut ini adalah jenis ikan Discus :

Discus Hijau / Green Discus (Symphysodon Aequifasciatus)

Discus Hijau

Disus hijau ditemukan oleh Pallegrin pada tahun 1904. Ikan ini memiliki habitat asli di wilayah Amazon tengah. Area tersebut meliputi sungai Putumayo (Peru Utara) dan diwilayah Santarem hingga danau Tefe (Brasil). Ada sebagian orang yang menyebut ikan ini dengan istilah tefe deiscus.

Discus Biru / Blue Discus (Symphysodon Haraldi)

Discus Biru / Blue Discus

Discus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1960 oleh Schultz . Habitat asli ikan ini berada di bawah wilayah Amazon yang begitu besar. Orang sering menyebut ikan ini dengan Brown Discus karena kadang beberapa dari mereka memiliki warna lain yang menonjol.

Heckel Discus (Symphysodon Discus)

Heckel Discus

Discus ini dinamai dengan nama penemunya yaitu Dr Johann Jacob Heckel. Ikan ini pertama kali ditemukan pada 1840. Bila anda pernah mendengar sebutan red discus, maka itu adalah sebutan lain dari Heckel Discus Symphysodon discus. Heckel discus memiliki habitas asli di wilayah Amerika Selatan, tepatnya di Negara Brasil, yaitu Rio Negro, Rio Trombetas, dan Riao Abacaxis.

Varietas ikan discus menjadi lebih banyak karena ada berbagai upaya peternak untuk melakukan mutasi genetika. Hasil tersebut membuat berbagai macam pola, bentuk dan warna tubuh. Para peternakpun berjasa membuat ikan ini lebih jinak dibandingkan versi liar di habitat aslinya.

Discus Angel Blue Diamond

Ikan discus Angel Blue Diamond

Ikan discus Angel Blue Diamond adalah salah satu jenis ikan discus yang mempunyai warna biru polos. Warna biru yang ada pada jenis ikan discus ini seperti warna biru telur bebek, yaitu warna biru yang agak putih. Ikan discus Angel Blue Diamond dikatakan berkualitas jika ikan ini mempunyai warna yang seakan-akan bercahaya.

Discus Marlboro Red

Ikan Discus Marlboro Red

Ikan Discus Marlboro Red adalah jenis ikan discus yang mempunyai warna orange kemerah-merahan dan nampak seperti menyala. Selain itu, ada sedikit warna merah menyala di sekitar siripnya dan ada corak bintik-bintik putih di bagian sirip sampai sekitar matanya. Ekornya terlihat sedikit kehitam-hitaman.

Discus Gold Yellow Diamond

Discus Gold Yellow Diamond

Ikan Discus Gold Yellow Diamond adalah jenis ikan discus yang mempunyai warna kuning keemasan. Hal tersebut sesuai dengan namanya yaitu gold yellow. Selain itu, jenis ikan discus ini dihiasi dengan corak bintik-bintik putih di bagian siripnya dan di bagian sekitar mata.

Discus Red Ribbon

Discus Red Ribbon

Ikan Discus Red Ribbon adalah jenis ikan discus yang mempunyai warna kuning dan sebagian agak kemerah-merahan. Jenis ikan discus ini juga dihiasi dengan corak berwarna putih di seluruh tubuhnya dan coraknya cenderung berbentuk panjang-panjang. Hal ini sangat berbeda dengan Pearl Pigeon yang mempunyai corak bulat-bulat.

Discus Checker Board Pigoen

Discus Checker Board Pigoen

Ikan Discus Checker Board Pigoen adalah jenis ikan discus yang mempunyai warna dasar putih yang dihiasi dengan corak berwarna merah. Corak jenis ikan discus ini berbentuk seperti garis-garis tetapi garis tersebut tidak lurus. Selain itu, ada sedikit warna kuning di bagian kepalanya