Apa saja jenis jenis ikan datz atau Ikan Datnoidh ?

Ikan Datz atau Ikan Datnoid

Ikan Datz biasa disebut pula sebagai Ikan Datnoid atau Ikan Tigerfish. Ini merupakan ikan air tawar yang mempunyai tubuh yang unik sekali. Apa saja jenis jenis ikan datz atau Ikan Tigerfish ?

Ikan Datz Indonesia (Datnioides microlepis)

Ikan Datz Indonesia

Datnioides microlepis adalah ikan datz yang asli berasal dari Indonesia, tepatnya di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Perbedaannya ialah ikan indo datz dari Kalimantan berwarna jingga, sedangkan ikan yang berasal dari Sumatera warnanya kuning. Spesies ini paling banyak dijual di Indonesia. Ciri khasnya yaitu memiliki garis-garis yang lebih banyak daripada ikan datz yang lain.

Ikan Datz Papua (Datnioides campbelli)

Ikan Datz Papua

Indonesia masih mempunyai spesies ikan datz lainnya yakni Datnioides campbelli. Ikan ini biasa hidup di hutan belantara di Pulau Papua. Kelebihan dari ikan datz papua adalah warna kuning emasnya yang terlihat cerah sekali. Bentuk loreng-loreng hitamnya pun tidak rapi membentuk garis, melainkan campuran antara garis-garis dan totol-totol. Inilah yang membuat ikan datz papua tampak unik.

Ikan Datz Pulcher (Datnioides pulcher)

Ikan Datz Pulcher

Datnioides pulcher dikenal dengan sebutan ikan datz pulcher atau ikan datz siam. Perlu diketahui, ikan datz pulcher merupakan ikan datz yang paling mahal. Selain karena keindahannya, ketersediaan ikan ini di seluruh dunia juga semakin sedikit. Perburuan secara berlebihan mengakibatkan populasi ikan ini menurun drastis hingga saat ini statusnya sudah berada di level terancam punah. Ikan datz pulcher memiliki loreng-loreng yang menyerupai ikan datz indo, tetapi warna kuningnya jauh lebih cerah.

Ikan Datz Golden (Datnioides undecimradiatus)

Ikan Datz Golden

Ini dia ikan datz yang mempunyai paras paling cantik. Datnioides undecimradiatus memiliki tubuh yang berwarna kuning keemasan sehingga dinamakan golden datz. Bentuk garis-garis hitam yang menghiasi tubuhnya pun lebih tipis daripada loreng-loreng yang ada di ikan datz lainnya.

Sumber