Apa saja jenis-jenis ikan arwana ?

Ikan Arwana

Ikan Arwana (Scleropages formosus)adalah ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae, juga dikenal sebagai bonytongues. Arwana sebenarnya termasuk jenis ikan purba yang hingga kini belum punah. Banyak nama yang melekat padanya, diantaranya ikan siluk, ikan kayangan, ikan kalikasi, dan ikan kelasa.

Apa saja jenis-jenis ikan arwana ?

1. Super Red/Arwana Merah

ikan arwana Super Red

Jenis ikan arwana ini lebih mudah ditemui di daerah Kalimantan Barat seperti di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Ikan arwana merah memiliki empat jenis yaitu merah cabe (Chilli Red), merah orange (Orange Red), merah darah (Blood Red), dan merah emas (Golden Red). Keempat jenis itu dinamakan super red arwana atau ikan arwana merah tingkat pertama.

2. Cross Black Golden/X Black Golden

ikan arwana cross black golden

Jenis ikan arwana cross black golden atau x black golden berasal dari Malaysia. Warna pada jenis ikan arwana ini bermacam-macam, mulai dari blue base, purple base, silver base dan gold base.

3. Red Tail Golden/Golden Red

ikan arwana red tail golden

Jenis ikan arwana red tail golden merupakan salah satu jenis golden yang berasal dari Indonesia, khususnya Pekan Baru Sumatera. Ikan arwana ini sifatnya lebih agresif dari cross black golden. Kekurangan dari jenis ikan arwana ini adalah warna sisik pada umumnya tidak dapat sampai melewati punggung dan hanya sampai pada level sisik ke 4 (dihitung dari bawah badan ke atas).

4. Silver/Arwana Brazil

Ikan Arwana Silver

Jenis ikan arwana ini berasal dari Brazil, tetapi sekarang sudah dapat dikembangbiakkan di Indonesia. Arwana ini dapat tumbuh sampai 50-60 cm.

5. Arwana Banjar

Ikan arwana banjar

Ikan arwana banjar adalah ikan arwana yang memiliki bentuk kepala yang membulat dengan mulut. Jenis Ikan arwana ini dapat disebut sebagai jenis dari arwana merah tingkat dua dan diketahui bukan dari strain murni ikan arwana merah. Mempunyai warna sirip orange pucat, ekornya berwarna kuning atau orange. Bila dilihat secara sepintas, ikan arwana banjar mirip dengan ikan arwana merah muda.