Apa Saja Jenis-Jenis Hamster Di Dunia?

Tahukah kamu? Ternyata hamster diberbagai negara itu berbeda jenisnya loh! Binatang kecil dan menggemaskan ini memang sering digunakan sebagai hewan peliharaan.

hamster tergolong hewan ordo rodentia atau dengan kata lain adalah hewan pengerat sama halnya dengan tikus, marmut, kelinci dan sebagainya tapi hamster sama sekali jenis yang berbeda. Jadi tidak perlu khawatir. mudahnya memelihara hamster yang seperti saya bilang sebelumnya tidak merepotkan adalah kandangnya. Karna kita tidak perlu memiliki kandang yang besar yang memenuhi tempat.

Awalnya, hamster itu adalah binatang percobaan di labotarium tapi mungkin sangking gemasnya jadinya banyak orang tertarik yang memelihara sehingga jadi salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak diminati Dan hamster sebenarnya bukan berasal dari Indonesia. Hamster berasal dari daerah sub-tropis daerah utara yaitu Rusia , Mongolia , Cina bagian utara dan Siria. hamster itu binatang malam. sehingga, di siang hari kebanyakan hamster tidur atau istirahat dan ketika malam hari hamster baru mulai aktif seperti halnya untuk main, mencari makan, berkembang biak, dan lain sebagainya.

selain banyaknya jenis hamster, jenis-jenis ini ternyata mempunyai karakter tersendiri disetiap jenis hamsternya. berikut adalah jenis-jenis hamster yang ada di dunia :

1. Hamster Syrian

image

asal usul hamster siria ini berasal dari Aleppo wilayah sekitar Siria. Hamster Syrian ini adalah hamster yang paling besar dari antara hamster lain bahkan sampai ada sebutan “Giant Hamster” untuk hamster jenis ini dan betina jauh lebih besar dari hamster jantan lho karenanya hamster Syrian sebenarnya termasuk hewan liar yang tidak boleh di pelihara manusia apalagi di perjual-belikan. tetapi masyarakat sangat menyukainya karena perawatannya lebih gampang.

mengapa kok gampang dipelihara ?

karena hamster siria lebih mudah dijinakkan dan tanpa perlu basa-basi untuk memegangnya. meski siriah ukurannya lebih besar, tapi hamster ini tidak begitu mengerikan cocok untuk anak-anak.

nama latin dari siria adalah Cricetinae Mesocricetus Auratus atau bisa disebut dengan “Golden Hamster” karena bulu asli mereka berwarna kuning emas. hamster Siria ini adalah hamster dengan rambut terpanjang dari pada hamster lain yang di sebut long hair dan karna sangking panjangnya menutupi perut seperti Anggora. hamster siria ini memiliki sifat yang soliter atau menyendiri saat dikandang

2. Hamster Campbell

image

hamster Campbel adalah hamster mini yang paling aktif, menggemaskan juga dan yang paling asikn serta harganya paling murah. nama latin hamster campble adalah Cricetinae Phodopus Sungorus, CampbelHamster Campbel ini mempunyai sebutan sebagai “ Mad Hamster ” yang terkesan seperti galak, cepat marah karena hamster Campbel sangat suka sekali mengigit apalagi kalau belum dekat dengan pemiliknya. sehingga sangat tidak aman untuk anak-anak, namun hamster ini bisa dijinakkan dengan cara sentuhan penuh kepercayaan dan dengan lembut, anda tidak akan pernah menyesal mempunyai hamster Campbel karna hamster Campbel jika sudah dalam pelukanmu, ia akan menjadi sangat aktif, penurut bahkan mengajakmu main dan mencari perhatianmu. cocok jika kalian sedang tidak ada kegiatan hamster ini bisa dijadikan teman sepi kalian.

3. Hamster Winter White

Hamster Winter White atau yang biasa di singkat dengan hamster WW ini berasal dari padang rumput bersalju yang luas di wilayah utara Kazakhstan dan Siberia . hamser Winter White adalah kerabat dengan hamster Campbel. nama latin dari hamster ww adalah Cricetinae Phodopus Sungorus Winter White. Perbedaannya, hamster WW berukuran lebih kecil dari pada hamster Campbel. hamster winter white memiliki 3 warna yaitu putih salju, pearl dan sapphire. hamster Winter White ini hidup di daerah dingin jika diletakkan akan berubah warna menjadi warna putih salju dan akan kembali ke warna aslinya di suhu normal. hamster ini pintar untuk mengelabui predator karena bulunya bewarna putih.

perlu diketahui hamster WW juga terkenal suka menggigit dan parahnya lagi ia tak akan melepas gigitannya, tapi jika kamu berhasil menghambil hatinya maka ia akan sangat jinak dan sangat amat lucu, sebenarnya hamster WW ini adalah binatang yang tenang dan penakut. selain penakut , hamster ini juga termalas di antara hamster lain. Ia lebih suka tidur daripada bermain. hamster WW ini memiliki ciri fisik telinganya menghadap belakang jadi tidak tegang dan moncong hidungnya lebih panjang dari hamster Campbel. hamster WW ini termasuk jenis hamster hybrid yang didapatkan dari persilangan ww dan campbell.

4. Hamster Roborovski

image

Hamster Roboroski ini berasal dari Mongolia Timur wilayah utara daratan Cina . Hamster Roborovski ini adalah hamster yang paling kecil di antara hamster mini lainnya. nama lain hamster ini adalah Cricetinae Phodopus roborovskii. Walaupun hamster ini paling kecil tapi justru hamster Roborovski memiliki harga cukup mahal.

Karena badanya yang kecil dan enteng, hamster Roborovski ini sangat amat lincah sehingga kita akan kesulitan untuk memegangnya karna hamster ini termasuk salah satu hamster yang sedikit sulit untuk dijinakan, padahal hamster ini lebih penakut dari pada hamster Winter White akan tetapi bedanya hamster ini tidak akan menggigit. keahlian dia adalah langsung kabur secepat kilat. Tapi kalau sudah jinak, dia lebih senang bermain di atas badan kita. Hamster Roborovski ini hanya mempunyai dua bulu yaitu Agouti terdapat warna putih diatas mata yang menyerupai alis dan di perut lalu di daerah baatas hidung ke atas sampai punggung berwarna coklat pasir keemasan. Yang ke dua yaitu White Face, warna bulu di wajah seluruhnya berwarna putih tapi ada juga yang memiliki sedikit bergaris abu-abu.

Referensi

Sadgala, Y. 2010. Merawat Hamster. Agromedia Pustaka. Jakarta.