Apa Saja Jenis-Jenis dari Stress?

jenis stres

Stress adalah suatu kondisi atau keadaan dimana seseorang mengalami beban pikiran dan juga mental yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh seseorang.

Stress sendiri terbagi menjadi du jenis, yaitu :

  • Eustress – Merupakan jenis stress, dimana stress yang muncul akan menyebabkan seseorang ingin melakukan sesuatu yang lebih baik lagi, dan tidak menimbulkan efek negatif atau sering juga dikenal dengan istilah stress positif.

  • Distress –Sering dikenal dengan istilah stress negatif. Inilah stress yang sering dihindari oleh orang-orang, karena akan menyebabkan kondisi tubuh dan mental menjadi terpuruk dan dapat berujung pada depresi.

Selye (1992), mengkategorikan jenis stres menjadi dua, yaitu :

a. Distres (Stres Negatif )

Selye, (1992) menyebutkan distres merupakan stres yang bersifat tidak menyenangkan. Stres dirasakan sebagai suatu keadaan dimana individu mengalami rasa cemas, gelisah, ketakutan, dan khawatir.sehingga individu mengalami keadaan psikologis yang negatif, menyakitkan, atau timbul keinginan untuk menghindarinya.

b. Eustres (Stres Positif)

Selye (1992) menyebutkan bahwa eustres bersifat menyenangkan dan merupakan pengalaman yang memuaskan. Eustres dapat meningkatkan kewaspadaan, kognisi, dan performansi individu. Eustres juga dapat meningkatkan motivasi inidvidu untuk menciptakan sesuatu.

Menurut Quick and Quick (1984), mengkategorikan jenis stres menjadi dua, yaitu :

  • Eustress, yaitu hasil dari respon terhadap stres yang bersifat sehat, positif dan konstruktif (bersifat membangun). Hal tersebut termasuk kesejahteraan individu dan juga organisasi yang diasosiasikan dengan pertumbuhan, fleksibilitas, kemampuan adaptasi dan tingkat performance yang tinggi.

  • Distress, yaitu hasil dari respon terhadap stres yang bersifat tidak sehat, negatif dan destruktif (bersifat merusak). Hal tersebut termasuk konsekuensi individu dan juga organisasi seperti penyakit kardiovaskular dan tingkat ketidak hadiran yang tinggi, yang diasosiasikan dengan keadaan sakit, penurunan dan kematian.