Apa saja jenis-jenis burung yang bisa bicara ?

burung kakaktua

Apa saja jenis-jenis burung yang bisa bicara ?

JENIS-JENIS BURUNG YANG BISA BERBICARA

1. African grey parrot

Burung African grey dipercaya sebagai burung yang paling pintar diantara semua jenis burung yang bisa menirukan suara manusia. Di Eropa sana, burung african grey dilatih untuk jinak dan sebagai burung penurut. Makanya tak jarang jika burung ini show atau melakukan pertunjukan sesuai dengan apa-apa yang diperintahkan pemiliknya, terlebih setelah dilatih dengan penuh kesabaran dan kasih sayang dalam pengawasan ahli dalam hal perburungan. Burung african grey ini sering dipertontonkan kepada halayak banyak dalam acara pertunjukan sirkus.

2. Eclectus (nuri bayan)

Burung eclectus yang lebih dikenal dengan nama bayan atau nuri bayan merupakan burung yang pintar. Burung yang memiliki kepintaran menirukan suara burung lain ini juga mampu meniru suara manusia dengan lebih jelas. Keunikan lain yang dimilikinya adalah perbedaan warna sang jantan dan betina yang sangat mencolok. Nuri bayan jantan memiliki warna hijau, sedangkan betinanya berwarna merah dengan sedikit warna biru. Burung eclectus ini tentunya akan lebih pintar jika dipelihara dan dilatih sejak kecil.

3. Yellow naped Amazon

Burung ini merupakan burung penyanyi yang berasal dari amazon, memiliki kicauan dengan nada nyanyian yang merdu dan berirama. Dia juga mampu menirukan suara manusia yang sering didengarnya.

4. Double yellow head Amazon

Burung yang satu ini memiliki karakter yang hampir sama dengan burung yellow naped amazon. Nada suara dari nyanyiannya sangat berirama, burung ini juga memiliki kepintaran menirukan suara manusia.

5. Yellow crowned Amazon

Burung yang satu ini tidak suka menggigit seperti pada kebanyakan burung paruh bengkok lainnya. Kepintaranny hampir sama dengan burung yellow naped amazon.

6. Blue fronted Amazon

Masih burung yang berasal dari amazon, burung yang dipercaya memiliki umur yang paling panjang dari jenis burung pintar lainnya ini mampu menirukan suara manusia bahkan dengan mimik sesuai dengan yang diucapkannya.

7. Indian ringneck

Ukurannya yang aga kecil dari burung yang bisa bicara lainnya, dengan ciri has garis melingkar di lehernya. Kecerdasannya tidak hanya menirukan suara satu kata perkata melainkan satu kalimat, namun dengan karakter suaranya sendiri yang terkadang terdengar tidak terlalu jelas.

8. Monk parakeet

Termasuk burung parrot berukuran kecil dan suka berkoloni ini memiliki kepintaran menirukan banyak kata dari suara manusia. Burung ini dilengkapi dengan keindahan warna bulunya yang sangat lucu dan bisa menarik perhatian orang yang melihatnya. Burung ini dikenal juga dengan nama parkit quaker yang cerdas dan ramah.

9. Budgerigar

Burng yang berukuran kecil ini memiliki keindahan pada pola corak dan warna bulunya yang sangat indah. Burung yang dikenal juga dengan nama budgi, parakeet atau parkit ini sangat pintar dam mampu mempelajari lagu dengan banyak frase. Walau pun suaranya tidak begitu nyaring dan terdengar tidak terlalu jelas, namun burung ini termasuk burung yang banyak digemari terutama yang berkelamin jantan, karena lebih mudah untuk dilatih menirukan suara.

10. Jalak eropa

Jalak eropa atau european sterling (common starling) merupakan burung dari jenis jalak-jalakan yang berkembang biak di eropa dan asia barat. Ketika berimigrasi masal, ribuan burung jalak hongkong terbang dengan membentuk pola yang sangat unik. Burung ini banyak dipelihara di eropa karena memiliki kemampuan menirukan suara manusia dengan fasih.