Apa saja jenis-jenis berita yang ada ?

jurnalistik

( Aurora Ridha Zetana) #1

Berita

Berita adalah laporan tentang fakta peristiwa dan atau pendapat yang menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak

Apa saja jenis-jenis berita yang ada ?


(mandala aditya) #2

Berita pada umumnya dapat dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu hard news (berita berat), soft news (berita ringan), dan investigative reports (laporan penyelidikan). Pembedaan terhadap ketiga kategori tersebut didasarkan pada jenis peristiwa dan cara-cara penggalian datanya.

1. Hard News

Hard news (berita berat) adalah berita tentang peristiwa yang dianggap penting bagi masyarakat baik sebagai individu, kelompok maupun organisasi. Hard news juga mencakup kejadian internasional, keadaan masyarakat, masalah ekonomi, kriminal, kerusakan lingkungan, maupun berita-berita tentang ilmu pengetahuan. Secara umum pada hard news informasi masih mudah untuk diperoleh, sebab semuanya itu masih transparan dan bisa diperoleh di permukaan saja. Walaupun demikian dalam beberapa kasus yang ada, reporter juga harus menggali informasi lebih dalam.

Misalnya pada peristiwa semburan lumpur panas LAPINDO di Porong, Sidoarjo Jawa Timur. Dalam peristiwa semacam ini pemimpin perusahaan sulit ditemui untuk dimintai keterangan, bahkan cenderung untuk menghindar dari pers sehingga reporter harus berusaha lebih keras lagi.

2. Soft News

Soft news (berita ringan) seringkali juga disebut dengan feature yaitu berita yang tidak terikat dengan aktualitas namun lebih menitik beratkan pada hal-hal yang dapat menakjubkan atau mengherankan dan memiliki daya tarik yang tinggi bagi pemirsanya.

Bagi media televisi, soft news sangat diperlukan dalam setiap penyajian program berita, karena berita ringan juga berfungsi sebagai selingan di antara berita-berita berat yang disiarkan dari awal siaran. Secara psikologis, pemirsa yang mendapatkan sajian berita berat dari awal hingga akhir akan merasakan ketegangan yang tinggi sehingga perlu adanya suatu intermezo. Intermezo itu didapat dari soft news tersebut. Durasi berita ringan ini sangat bervariasi, tetapi hampir tidak ada yang lebih panjang dari 2 menit dan lebih pendek dari 45 detik.

3. Investigative Reports

Investigative reports atau disebut juga laporan penyelidikan (investigasi) adalah jenis berita yang eksklusif. Datanya tidak bisa diperoleh di permukaan saja, tetapi juga harus dilakukan berdasarkan penyelidikan. Berita penyelidikan untuk media televisi jauh lebih sulit dilakukan dibanding dengan radio maupun media cetak. Televisi membutuhkan gambar bahkan wajah orang yang diwawancarai. Namun dengan adanya teknologi elektronik yang mampu mengaburkan wajah narasumber, tugas reporter menjadi lebih ringan. Keselamatan narasumber pun menjadi lebih terjamin.

Referensi : B. Wahyudi, Kominikasi Jurnalistik, (Bandung: ALUMNI, 1991).