Apa saja jenis-jenis atau macam-macam buah pada tumbuhan?

Buah

Buah merupakan fase pertumbuhan lanjutan dari bunga, dimana buah biasanya berfungsi untuk melindungi biji tumbuhan. Apa saja jenis-jenis atau macam-macam buah pada tumbuhan ?

Pada tumbuhan umumnya dapat dibedakan dalam dua golongan, yaitu :

  1. Buah semu, atau buah tertutup, yaitu jika buah itu terbentuk dari bakal buah beserta bagian-bagian lain pada bunga itu, yang menjadi bagian utama buah ini menjadi besar. Buah semu dibedakan dalam 3 macam

    • Buah semu tunggal, yaitu buah semu yang terjadi dari satu bunga dengan bakal buah, pada buah ini selain bakal buah ada bagian lain bunga yang membentuk buah. Tangkai pada buah jambu monyet

    • Buah semu ganda, yaitu jika pada satu bunga terdapat lebih dari pada bakal buah yang bebas satu sama lain. Misalnya pada buah arbe (Fragraria vesca L.)

    • Buah semu majemuk, ialah buah semu yang terjadi dari bunga majemuk. Tetapi seluruhnya dari luar tampak seperti satu buah saja, misalnya buah nangka (Artocarpus integra Merr.) .

  2. Buah sungguh atau buah telanjang, yang biasanya terjadi dari bakal buah. Buah sejati dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu:

    • Buah sejati tunggal, ialah buah sejati yang terjadi dari satu bunga dengan satu bakal buah saja, misalnya buah mangga (Mangifera indica L.)

    • Buah sejati ganda, yaitu terjadi dari satu bunga dengan beberapa bakal buah yang bebas satu sama lain, misalnya pada cempaka (Michelia champaca Bail.) .

    • Buah sejati majemuk, yaitu buah yang berasal dari suatu bunga majemuk, yang masing-masing bunganya mendukung satu bakal buah. Misalnya pada pandan (Pandanus tettorius Sol.)

Referensi :
Gembong Tjitrosoepomo, Morfologi Tumbuhan, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2005.