Apa saja jenis-jenis Anjing Dachshund?

image

Apa saja jenis-jenis Anjing Dachshund yang ada ?

Secara harfiah, Dachshund dog berarti anjing berang-berang dalam bahasa Jerman, dikenal juga sebagai Dackel, di Belanda ia biasa disebut sebagai anjing Teckel, di Indonesia sebagai anjing Tekel dan di Amerika terkenal sebagai anjing hotdog.

Variasi

Variasi ras anjing Dachshund cukup beragam. Berdasarkan bulunya (rambut.red), terdapat 3 jenis Dachshund, smooth haired, long haired dan wire haired. Smooth haired Dachshund memiliki rambut pendek yang halus menyatu dengan kulit serta sangat mengkilap, sedangkan longhaired Dachshund, hampir seluruh tubuhnya dipenuhi rambut panjang yang lembut bahkan hingga bagian luar telinganya, kecuali wajah dan kepala bagian atasnya. Sedangkan wire haired Dachshund, berbulu pendek yang lembut namun tidak secepakjenis smooth haired. Ragam warna Dachshund cukup banyak, seperti coklat kemerahan, coklat tua, coklat keemasan, coklat keabuan, hitam dan perpaduan antara hitam dan cokelat.

Karakteristik

Dilihat dari ukuran tubuhnya, Dachshund diklasifikasikan menjadi miniature Dachshund dan standard Dachshund. Jenis miniature memiliki tinggi badan sekitar 13-15 cm dengan berat 4-5 kg, sedangkan jenis standard sekitar 20-23 cm dengan berat 9-12 kg. Keunikan ras anjing Dachshund terletak pada ukuran tubuhnya yang jauh lebih panjang dari anggota geraknya, terlihat menyerupai sosis. Selain itu, bentuk telinga Dachshund seperti daun, panjang dan menjuntai ke bawah. Kaki depan anjing ini lebih lebar dari kaki belakangnya.

Anjing kecil asli Jerman ini dapat hidup sehat sekitar 12-15 tahun. Dachshund juga cukup mudah dilatih, mudah berbaur dalam keluarga dan lingkungan sekitarnya, ia membutuhkan exercise minimal 2 kali dalam seminggu dan dalam perawatannya lebih baik lebih dari sekali perminggu untuk menjaga keindahan rambutnya.