Apa saja Jenis-Jenis Animasi Berdasarkan Teknologinya?

animasi

(chucky) #1

bilu-mela-animasi-indonesia-siap-bersai-a6874c

Berbagai macam film animasi kini banyak beredar, mulai dari film animasi sederhana sampai film animasi yang dikemas sedemikian rupa hingga terlihat nyata dan menonjol. Film animasi sendiri memiliki banyak jenis jika dilihat dari awal mula terbentuk hingga sekarang. kira-kira ada jenis apa aja sih?


(Irfanda Mahardhika Hidayat K) #2

Jenis-jenis film animasi dilihat dari teknologi dapat dijabarkan menjadi:

1.Animasi Clay

Animasi Clay (tanah liat) atau bisa juga disebut dengan film animasi stop motion adalah teknik film animasi paling sederhana yang dilakukan dengan cara memotret gerakan demi gerakan yang digerakkan satu demi satu sehingga objek terlihat bergerak. Teknik ini termasuk salah satu teknik yang paling mudah untuk dipraktekkan. Film animasi terkenal yang menggunakan teknik ini adalah film animasi ‘Shaun The Sheep’ atau Pingu.
2237638_568d5ebec6
Animasi Clay: Pingu

2.Animasi 2D

Animasi 2D adalah animasi dua dimensi. Pada animasi 2D, figur animasi tersebut dibuat dan diedit di komputer dengan menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics. Film animasi yang dihasilkan cenderung datar tanpa terlihat dimensi ekstra yang membuat sebuah gambar terlihat nyata. Beberapa contoh karya dari film animasi 2D adalah kartun-kartun seperti Tom and Jerry, Scooby Doo, anime seperti Doraemon, Sailor Moon dan lain-lain.
60338739_f447970f63
Animasi 2D: Sailor Moon

3.Animasi 3D

Animasi 3D adalah sebuah inovasi yang dihasilkan juga dari perkembangan tekhnologi dan komputer, sehingga membuat tampilan animasi menjadi lebih hidup dan nyata. Pembuatan sebuah fim animasi 3D dibuat lebih kompleks dari film animasi 2D karena didalamnya memuat berbagai efek seperti efek pencahayaan dan lapisan-lapisan layer.
2788522412_fae8201dde
Animasi 3D: Wall-E