Apa saja jenis ikan patin yang ada ?

Ikan patin

Jenis patin yang biasa kita temui adalah Pangasius Lithostoma atau ikan patin konsumsi. Ikan ini sering kita jumpai di sungai-sungai ataupun danau di sekitar pulau Sumatra, jawa dan Kalimantan. Apa saja jenis ikan patin yang ada ?

Jenis Ikan Patin antara lain :

1. Pagasius Nasutus (Patin Panjang)

Pagasius Nasutus

Ikan ini biasanya berada di perairan dalam yang tak jarang muncul ke permukaan untuk sekedar mencari makan. Ciri ciri ikan patin ini adalah memiliki moncong dan badan yang Panjang serta warnanya yang gelap meskipun masih anakan.

2. Patin Juara

Patin Juara

Patin yang memiliki habitat di pulau Sumatra dan Kalimantan ini ternyata menjadi salah satu ikan favorit untuk di ekspor ke luar negeri loh. Dari tubuhnya yang besar dan Panjang, maka ikan ini sangat banyak memiliki daging dan tentunya enak untuk dikonsumsi. Patin juara juga sering kita jumpai di sekitaran jawa, istilah patin juara ini hadir karena bobot dan ukuran yang diluar dari batas normal.

3. Patin Hias

Patin Hias

Semua ikan sepertinya bisa menjadi hiasan akuarium deh, buktinya patin saja ada yang berjenis ikan hias peliharaan. Jadi, tak heran kalau misalnya ada beberapa orang yang menyebutnya sebagai ikan patin hias. Ciri-cirinya cukup mudah, yaitu memiliki badan yang kecil dan corak warna yang unik.