Apa saja jenis ikan naga atau ikan palmas yang kamu ketahui ?

Ikan Palmas atau ikan naga

Ikan Palmas atau ikan Bichir (artinya: ikan bersirip banyak) atau yang banyak kita kenal dengan sebutan ikan naga ini merupakan ikan air tawar dari famili Polypteridae yang berasal dari benua Hitam atau Afrika.

Famili Polypteridae merupakan ikan karnivora yang aktif mencari makan di malam hari atau hewan nokturnal. Ikan ini biasa memakan hewan-hewan kecil di sekitarnya.

Sama halnya dengan jenis ikan air tawar lainnya, ikan naga memiliki beberapa saudara atau jenis. Apa saja itu?

Jenis jenis ikan naga atau palmas atau Bichir

Berikut ini beberapa jenis ikan naga:

1. Polypterus senegalus/Grey Bichir

Polypterus senegalus atau Sinegal Bichir atau ada juga yang menyembutnya sebagai ikan bichir abu-abu; bichir Cuvier; Grey bichir. Bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai belut dinosaurus walaupun istilah ini sebenarnya salah besar namun apa boleh buat karena sebutan ini telah menyebar.

Ada juga para pengemar yang menjulukinya sebagai dragon fish atau ikan naga, mungkin sebutan ini banyak kita temukan di Indonesia. Sesuai dengan namanya ikan naga ini berasal dari daratan Afrika bersuhu Tropis, serta sungai-sungai seperti Kongo basin, danau Chad, Sinegal dan sepanjang aliran sungai Nil.

2. Polypterus delhezi/Armoured Bichir

Ciri-ciri ikan Naga delhezi:

  • Berwarna dasar abu-abu kekuningan atau kehijau-hijauan
  • Memiliki garis-garis hitam vertikal pada punggung, konon semakin banyak tanda garis hitamnya semakin mahal pula harganya
  • Ketika diletakkan di tempat yang gelap maka ikan naga ini akan memancarkan waena kehijau-hijaun
  • Ikan naga delhezi terbesar yang pernah ditemukan berukuran 35 cm
  • Jika pemeliharaan di akuarium biasanya maksimal berukuran 25-30 cm

3. Polypterus ornatipinnis / Ornate Bichir

Polypterus ornatipinnis / Ornate Bichir

Ikan naga ornate merupakan salah satu jenis ikan palmas yang banyak dipelihara oleh para kolektor di dunia.Ikan ini berasal dari danau Tanganyika dan sungai Kongo basin yang membentang mulai dari Afrika bagian tengah hingga timur.

Sumber:
http://infosiana.net/jenis-ikan-naga-palmas-terbesar/