Apa saja jenis ikan cupang yang populer ?

ikan cupang

Dewasa ini perkembangan variasi bentuk tubuh dan warna ikan cupang cukup pesat. Setidaknya lebih dari 70 spesies ikan cupang yang ada di dunia. Namun dari sekian banyak spesies ikan cupang tersebut hanya beberapa jenis saja yang populer dan banyak dipelihara. Apa saja jenis ikan cupang yang kamu ketahui?

Betta picta


Betta spotted atau Java fighting fish (Betta picta) adalah ikan cupang asal Indonesia di mana ikan ini hidup di perairan yang relatif sejuk, antara 22‒25 °C. Ikan ini biasa ditemui di dataran tinggi Jawa dan Sumatra. Betta picta mencapai panjang maksimal 6 cm.

ikan cupang Betta picta

ikan cupang Betta picta

Betta Channoides


Betta Channoides merupakan jenis ikan cupang alam yang berasal dari sungai mahakam, Kalimantan Timur. Cupang ini biasanya disebut dengan snakehead fighter, mengingat bentuk kepalanya yang mirip dengan ular. Betta Channoides bersifat mouth breeder. Ikan ini mempunyai panjang maksimum 12 cm. Walaupun nama lainnya adalah fighter, tetapi ikan ini mempunyai temperamen yang tenang sehingga dapat disatukan dengan spesies cupang alam lainnya dalam satu akuarium.

Suhu air yang disukai antara 24 - 26 dengan pH air 6,5 - 7,5.

Ikan jantan dan betina mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Betina memiliki tubuh yang cenderung pendek dan mempunyai kepala lebih runcing dibandingkan dengan yang jantan. Selain itu, betina memiliki warna yang cenderung terang, merah kekuningan dan mempunyai warna sirip merah kecoklatan. Untuk jantan, warna tubuhnya cenderung gelap, merah tua serta pada siripnya terdapat tiga warna, yaitu ; cokelat tua, hitam dan pada sisinya mempunyai batas warna putih.

Ikan cupang Betta Channoides

Betta Minniopina


Betta Minniopina merupakan jenis ikan cupang yang berasal dari Riau dan Bintan. Betina pada ikan ini memliki tubuh yang memanjang dan memiliki warna yang lebih gelab, merah tua, dibandingkan dengan ikan jantan. Pada ujung siripnya ada garis berwarna hijau terang. Bentuk tubuh ikan jantan lebih kompak dan mempunyai warna cenderung terang, cokelat muda. Siripnya mempunyai warna cokelat dengan hijau terang.

ikan cupang Betta Minniopina

Betta Ocellata


Betta Ocellata merupakan jenis ikan cupang yang memliki sifat agresif sehingga jenis ini tidak cocok apabila akan disatukan dengan ikan lainnya, karena ia akan cenderung menyerang ikan lainnya. Selain itu, ikan ini sering meloncat keluar permukaan air, sehingga apabila ingin memeliharanya didalam akuarium, sebaiknya bagian atas akuarium diberi penutup.

Ikan ini mempunyai panjang maksimum 12 cm. Suhu air yang disukai adalah sekitar 25 V dengan pH air antara 6,5 - 7

Antara betina dan jantan tidak memiliki banyak perbedaan. Warna ikan cupang ini adalah cokelat muda.

ikan cupang Betta Ocellata

ikan cupang Betta Ocellata

ikan cupang Betta Ocellata

ikan cupang Betta Ocellata

ikan cupang Betta Ocellata

ikan cupang Betta Ocellata

Betta Rubra


Ikan ini pernah dikabarkan telah punah, tetapi ikan ini ditemukan kembali pada tahun 2007 di Aceh. Betta Rubra hidup didaerah hutan rawa, dengan habitatnya pada air hitam, suhu air antara 23 -28 C dan pH air antara 6,0 - 6,5. Ukuran maksimal ikan ini adalah 6 cm.

Warna ikan ini adalah merah gelap dengan warna kehitaman yang muncul di sela-sela warna cokelat kemerahan. Pada betina, mempunyai semburat warna kuning.

Betta Rubra terkenal dengan kesetiannya dengan pasanganya. Ikan ini menyimpan telur dan anaknya di dalam mulut.

ikan cupang Betta Rubra

ikan cupang Betta Rubra

ikan cupang Betta Rubra

ikan cupang Betta Rubra

Betta Patoti


Betta Patoti merupakan jenis ikan cupang yang banyak ditemukan di Sungai Sebuku, Kalimantan Timur. Ia hidup pada air dengan suhu antara 23-26 C dan pH 5-6,5.

Betta Splendens


Betta Splendes merupakan ikan hias yang banyak dicari oleh penggemar ikan hias karena bentuk dan warnanya yang indah. Ikan jenis ini merupakan jenis ikan cupang hasil dari persilangan ikan-ikan cupang yang hidup di alam

Kita ketahui Ikan Cupang merupakan ikan air tawar yang habitatnya di beberapa negara asia seperti indonesia, tahiland, vietnam dan malayasia. Ikan cupang ini memiliki tubuh dan karakter yang cukup unik dan juga cendrung bersikap agresip apabila sedang mempertahankan wilayahnya. Di kalangan pecinta/penghoby ikan cupang umumnya terbagi kepada 3 golongan yaitu cupang hias, cupang aduan dan cupang liar

Tahukah anda Ikan cupang ternyata merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu yang lama. Walaupun ikan ini di simpan di dalam toples yang airnya sedikit ikan tersebut masih bisa beretahan hidup.

1. Halfmoon (Bulan Sepotong)

Ikan cupang Halfmoon

Jenis ikan cupang ini memiliki sirip dan ekor yang seolah-olah menyatu membentuk setengah lingkaran. Dan apabila dilihat dari samping ikan tersebut berbentuk seperti bulan sebelah. Jenis ikan cupang ini memiliki varian warna yang beragam seperti merah menyala, kuning dll. Dan biasanya ikan ini dipelihara karena keindahannya.

2. Plakat (Tarung)

Ikan cupang Plakat

Plakat memiliki asebuah arti yaitu Tarung atau laga bahasa tersebut istilah di thailand. Jenis ikan cupang ini biasanya diajadikan sebagai cupang aduan. Sirip dan ikan cupang ini biasanya pendek tidak ngerumbai seperti ikan cupang hias biasa. sirip yang pendek tersebut memberikan kesan kokoh dan kekar.

3. Crown tail (Serit)

Ikan cupang Crown tail

Jenis ikan ini dilahirkan oleh para breeder dari daerah slipi, jakarta. Jenis ikan serit semakin dikenal di dunia karena memiliki variasi warna dan keindahannya. Di sebut crown tail atau ekor mahkota, karena apabila ikan tersebut dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja. Keindahan ikan cupang ini sudah diakui dunia dan di pertandingkan di tingkat internasional Betta congress.

5. Giant (Raksasa)

Ikan cupang Giant

Ukuran terbesar ikan cupang ini bisa mencapai 12 cm, jauh lebih besar dibandingkan dengan ikan cupang lainnya. Ikan cupang giant ini dikembangkan dari cupang pelakat yang disilang dengan cupang jenis lainnya. (dikembangkan oleh Breeder dari thailand).

4. Double Tail (Cagak)

Ikan cupang Double Tail

Kenapa ikan cupang ini disebut Double Tail? Ya karena ikan cupang yang satu ini memiliki ekor yang unik bercabang (cagak dua). Keberadaan ikan ini sangat jarang sekali di jumpai di pasaran karena memang tergolong sulit dikembangkan.

Cupang yang memiliki keunikan bentuk dan warna

1. Cupang Serit (Crown Tail)

Cupang Serit (Crown Tail)

Cupang Serit memiliki ciri-ciri yakni sirip bagian atas, bawah dan ekor berbentuk runcing-runcing tegas. Cupang jenis serit ini berbeda dari keempat jenis cupang lainnya. Perbedaannya sangat mencolok. Runcingan tersebut menyerupai sapu yang merekah seperti kipas nan indah. Kombinasi warna seripnya tersebut dapat mengkombinasi beberapa warna. Harga ikan jenis Serit ini mencapai 400 ribu rupiah.

2. Cupang Halfmoon Big Ear

Cupang Halfmoon Big Ear

Jenis Cupang Halfmoon Big Ear sama dengan Cupang Halfmoon namun perbedaannya hanya pada bentuk telinganya yang lebih lebar. Harga ikan jenis Cupang Halfmoon Big Ear ini bisa mencapai 700 ribu rupiah.

3. Cupang Haflmoon

Cupang Haflmoon

Cupang Halfmoon memiliki sirip dan ekor yang sangat lebar sehingga terkesan lebih indah, mewah serta elegan dari jenis Cupang Serit dan Plakat.

Kalau dari saya sendiri, saya merekomendasikan Cupang Halfmoon Big Ear, karena menurut saya lebih indah dibanding jenis lainnya. Namun hal tersebut kembali ke anda sendiri yang akan membeli.

Sumber: