Apa saja jenis ikan arwana yang tergolong kategori mahal ?

Ikan arwana

Ikan arwana termasuk kedalam salah satu ikan hias yang banyak dipelihari oleh orang-orang dirumah. Terdapat banyak jenis dari ikan arwana ini baik yang ternak maupun liar. Apa saja jenis ikan arwana yang tergolong mahal untuk dibeli ?

Jenis-jenis Ikan Arwana yang harganya mahal antara lain :

1. Arwana Super Platinum

Ikan Arwana Super Platinum

Ikan arwana super platinum merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Sungai Amazon, Brazil.Ikan arwana super platinum memiliki ciri khas berupa warna silver keputihan yang sangat cantik. Harga ikan ini adalah Rp. 200.000.000 dan pernah terjual sebesar 4 miliyar rupiah.

2. Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red

Ikan arwana super red berasal dari Sungai Kapuas dan Sungai Sentarum Kalimantan Barat. Jenis ikan arwana termahal ini memiliki ciri khas berupa warna merah merona dan bersih dari kepala hingga ujung ekor. Semakin besar ukuran tubuh dan semakin cerah warna sisik ikan arwana super red, maka akan membuatnya harganya menjadi lebih mahal. Ikan arwana super red di alam liar sudah sangat langka karena banyak ditangkap untuk dijual. Itu sebabnya untuk menjaga kelangsungan hidup ikan arwana super red sekarang ini banyak orang yang membudidayaknnya. Harga jenis ikan arwana ini biasa dijual dengan harga 10-50 Juta rupiah per ekor.

3. Arwana Golden Red

Ikan arwana termahal ini berasal dari Indonesia, tepatnya dari Kabupaten Pekan Baru, Riau. Ikan arwan golden red memiliki ciri khas berupa warna emas kemerahan dari kepala hingga ujung ekor. Jenis ikan arwana ini banyak diminati karena merupakan ikan arwana yang sangat langka dan menjadi buruan para kolektor ikan arwana di sepenjuru dunia. Harga ikan arwana termahal ini berkisar 10 – 20 Juta rupiah per ekornya.

4. Arwana Cross Back Golden

Ikan Arwana Cross Back Golden

Ikan arwana jenis ini berasal dari negara Malaysia. Sebenarnya jenis ikan arwana termahal di dunia ini tidak jauh beda dengan ikan arwana golden red, yang menjadi pembeda adalah bentuk tubuh dan corak warna pada punggungnya. Ciri khas dari ikan arwana cross back golden adala jenis ikan arwana termahal ini memiliki warna emas dari kepal hingga ujung ekor, dan dibagian ujung siri ekor berwarna merah kehijauan. Harga ikan arwana termahal ini berkisar antara 5 – 15 Juta rupiah.

5. Arwana Banjar Red

Ikan Arwana Banjar Red

Ikan arwana banjar red merupakan ikan yang berasal dari Sungai Kapuas dan Bartio. Sebenarnya ikan arwana banjar red merupakan jenis ikan arwan yang hampir sama dengan ikan arwana super red. Beda ikan arwana banjar red dengan ikan arwana super red adalah corak warnanya. Ikan arwana banjar red memiliki kombinasi warna kuning dan silver pada tubuhnya. Harga jenis ikan arwana termahal di dunia ini biasa dibandrol seharga 2 – 1o Juta rupiah per ekor.

6. Arwana Golden Pino

Ikan arwana golden pino

Ikan arwana golden pino merupakan ikan hias air tawar yang banyak ditemukan di Myanmar, Kamboja, Thailand dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, jenis ikan arwana ini bisa kita temukan di sungai-sungai Pulau Kalimantan.

Ciri khas dari jenis ikan arwana golden pino adalah warna emas kehijauan dari kepala hingga ujung ekor, inilah yang membuat ikan arwana golden pino banyak dicari untuk dijadikan sebagai ikan penghias aquarium di rumah. Harga jenis ikan arwana termahal di dunia ini dipasaran biasa dijual dengan harga 3-8 Juta rupiah per ekor.

7. Arwana Silver

Ikan arwana silver

Ikan arwana silver banyak dipelihara karena harganya yang tidak terlalu begitu mahal dibandingkan dengan jenis ikan arwanan lainnya. Ikan arwana silver memiliki ciri khas warna silver dari kepala hingga ujung ekor. Bentuk tubuh ikan arwana silver lebih panjang dan ramping dibandingan dengan jenis ikan arwana termahal lainnya. Harga jenis ikan arwana termahal di dunia ini di pasaran biasa dibandrol dari 2-4 Juta rupiah per ekor.

Sumber:
http://bahasikan.com/ikan-arwana-termahal/