Apa saja jenis Ikan Air tawar konsumsi ?

Jenis dari ikan air tawar yang dapat di konsumsi di Indonesia sangat banyak sekali. Selain itu, rasa ikan air tawar tak kalah enak dengan ikan dari laut. Bila kita sering mengkonsumsi ikan air tawar tubuh kita juga akan sehat dan bugar. Karena ikan ini memiliki kaya akan manfaat. Dimana manfaat ikan air tawar akan dijelaskan dalam artikel di bawah.

Harga ikan air tawar di pasar ikan dominan lebih murah ketimbang harga ikan air laut. Hal ini dipengaruhi oleh biaya dan tenaga mendapatkan ikan tersebut. Di sini posisi ikan air tawar lebih mudah didapatkan ketimbang ikan air laut. Jenis ikan air tawar apa saja yang akan dibagikan kali ini?

Berikut beberapa jenis ikan air tawar konsumsi terpopuler di Indonesia.

1. Ikan Gurame

Ikan yang banyak dijumpai di restoran ini merupakan ikan yang memiliki daging padat dan gurih. Olahan spesial dari ikan gurame biasanya berbentuk gurame asam manis dan gurame bakar. Harga ikan gurame tergolong mahal. Ikan ini biasa dijual dengan harga Rp.25.000,- /kg.

2. Ikan Lele Atau Keli

Ikan Lele Atau Keli

Ikan yang biasa diolah menjadi ikan lele goreng dan pindang ikan lele ini mengandung vitamin D yang cukup tinggi serta rendah asam lemak omega-3 dan tinggi akan asam lemak omega-6. Harga ikan lele tergolong murah. Di pasar ikan lele biasa dijual dengan harga Rp.24.000,- /kg.

3. Ikan Keting Atau Lundu

Ikan keting ini memiliki kumis yang panjang, 3 buah sengatan atau patil, dan kulit yang licin. Anda harus hati-hati dengan patil dari ikan yang satu ini. Karena jika kita terkena patil ini, kita akan menderita nyeri yang tak tertahankan hingga demam.

4. Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan yang memiliki rasa nikmat ini juga banyak dibudidayakan di akuarium. Hal ini disebabkan warna sisik dari ikan ini sangat cantik. Maka tak heran jika banyak yang memelihara ikan ini sebagai ikan hias ketimbang mengkonsumsi mereka. Harga ikan mas ini tergolong menengah ke bawah. Ikan mas biasa dijual dengan harga Rp.24.000,- /kg.

5. Ikan Mujair

Ikan Mujair

Ikan yang familiar, bergizi, dan memiliki daging yang lezat ini banyak di temui di daerah sungai dan rawa. Banyak yang memelihara ikan ini di kolam atau tambak. Harga ikan mujair tergolong cukup murah. Dimana ikan muajair biasa dijual dengan harga Rp.24.000,- /kg.

Berikut beberapa jenis ikan air tawar konsumsi lainnya adalah :

1. Ikan Nila Merah

Ikan Nila Merah

Ikan yang mirip dengan ikan mujair ini tergolong ikan yang memiliki rasa yang tidak kalah lezat dengan ikan air tawar lainnya. Selain itu, ikan ini juga mudah dibudidayakan. Harga ikan nila merah tergolong menengah ke bawah. Dimana ikan nila merah biasa dijual dengan harga Rp.17.500,- /kg.

2. Ikan Nila Hitam

Ikan Nila Hitam

Ikan yang memiliki rasa sangat lezat ini merupakan ikan yang kaya akan manfaat. Beberapa manfaat ikan nila hitam adalah sebagai berikut:

  • Dapat mengencangkan otot
  • Sebagai sumber kalori yang rendah lemak
  • Dapat mengaktifkan hormon serotin
  • Dapat meningkatkan kecerdasan otak

3. Ikan Tombro

Ikan Tombro

Kandungan protein yang cukup tinggi dari ikan tombro ini meiliki banyak peminatnya. Selain itu, ikan tombro memiliki daging yang enak dan gurih. Ikan tombro dapat anda temukan di daerah sungai atau danau. Terutama tempat yang tidak terlalu dangkal dan airnya mengalir. Ikan ini juga suka hidup bergerombol.

4. Ikan Wader

Ikan Wader

Ikan yang sangat populer di masyarakat Asia Tenggara dan Hindia ini merupakan ikan yang banyak peminatnya. Ikan wader dapat anda temukan di daerah rawa atau sungai-sungai. Biasanya ikan wader diolah sebagai lauk lalapan atau hanya sekedar makanan rigan saja. Harga ikan wader biasa di jual dengan jumlah Rp.17.000,- /kg.

5. Ikan Baung

Ikan yang biasa diolah dengan cara dipesmol atau acar kuning dan dibakar biasa ini memiliki daging yang sangat nikmat. Ikan baung dapat tumbuh hingga mencapai berat 20 kg per ekor.

6. Ikan Bawal

Ikan Bawal
Ikan yang sering beriringan dengan udang ini biasa berenang dengan membentuk kelompok kecil. Harga ikan bawal tergolong cukup murah. Ikan bawal biasa dijual dengan harga Rp.10.000,- /kg.

7. Ikan Belida

Ikan Belida

Ikan yang memiliki nama lain ikan berpunggung pisau atau ikan lopis ini habitat aslinya berada di sungai Musi, tepatnya di Sumatra Selatan. Tetapi anda sekarang dapat menemukan ikan ini di daerah Jawa, Kalimantan, atau di Semenanung Malaya. Ikan belida di Palembang biasa diolah sebagai kerupuk atau pempek. Tetapi karena ikan ini muali jarang ditemukan, maka pempek digantikan dengan ikan tenggiri.

8. Ikan Belut

Ikan Belut

Ikan yang berbentuk panjang dan licin ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh manusia. Manfaat ikan belut adalah seperti berikut:

  • Sebagai pencegah anemia
  • Penambah stamina
  • Pengobatan kanker
  • Sumber protein