Apa saja jenis hama pada Ikan Nila ?

Hama ikan nila

Hama ikan adalah semua makhluk hidup (hewan) baik yang berukuran tubuh lebih kecil, sama ataupun lebih besar dari tubuh ikan yang keberadaannya tidak diinginkan karena mampu menimbulkan gangguan pada ikan. Dengan kata lain hama ikan adalah semua makhluk hidup yang dapat memangsa, mengganggu ataupun menjadi pesaing hidup dalam suatu habitat ikan.

Sedangkan definisi penyakit pada ikan adalah suatu gejala fisiologis ikan yang disebabkan oleh suatu parasit atau faktor lingkungan yang tidak sesuai. Munculnya penyakit pada ikan selain dipengaruhi kondisi ikan yang lemah juga cara penyerangan dari organisme yang menyebabkan penyakit tersebut. Ikan nila adalah ikan air tawar yang tahan penyakit dan bandel. Serangan penyakit pada ikan nila jarang ditemukan mewabah secara besar-besaran. Namun bukan berarti hama maupun penyakit pada ikan nila boleh dianggap sepele. Serangan penyakit pada ikan nila bisa saja datang dan pembudidaya tetap harus waspada.

Apa saja jenis hama Ikan Nila ?

Jenis Hama pada Ikan Nila

  1. Bebeasan (notonecta)
    Hama ini cukup berbahaya bagi ikan nila, terutama benih ikan yang masih kecil karena sengatannya. Pengendalian hama bebeasan dapat dilakukan dengan menuangkan minyak tanah ke permukaan air 500 cc/100 meter persegi.

  2. Ucrit (larva cybister)
    Hama ini menyerang ikan nila dengan cara menjepit badan ikan dengan taringnya hingga robek. Pengendalian : hama ini sulit diberantas, hindari bahan organik menumpuk di sekitar kolam.

  3. Kodok
    Kodok adalah musuh utama bagi telur-telur ikan, hama ini suka memangsa telur ikan hingga habis tidak tersisa. Pengendalian hama kodok pada budidaya ikan nila dilakukan dengan sering membuang telur kodok yang mengapung, menangkap dan membuang hidup-hidup.

  4. Ular
    Ular menyerang benih dan ikan kecil dan memangsanya. Pengendalian hama ular pada budidaya ikan nila dilakukan dengan penangkapan dan pemagaran kolam menggunakan jaring.

  5. Lingsang
    Hama ini adalah binatang yang sangat rakus memangsa ikan. Linsang menyerang dan memakan ikan pada malam hari. Pengendalian hama linsang pada budidaya ikan nila dilakukan dengan memasang jebakan berumpun dan memagari kolam menggunakan jaring.

  6. Burung
    Burung biasanya menyukai dan memakan benih dan ikan-ikan kecil meskipun tidak jarang memakan ikan dewasa. Pengendalian hama burung pada budidaya ikan nila dilakukan dengan cara memasang penghalang bambu diatas permukaan kolam agar supaya burung sulit sulit menerkam, memasang jaring diatas permukaan kolam, diberi rumbai-rumbai atau tali penghalang diatas kolam.

Sumber:
https://mitalom.com/10-tips-cara-pengendalian-hama-penyakit-pada-ikan-nila/