Apa saja jenis database yang ada saat ini?

Ada banyak jenis database dalam dunia computing, Tolong sebutkan dan jelaskan beberapa jenis dari database!

Ada banyak jenis database dalam dunia komputer. Berikut adalah beberapa jenis database:

  1. Relational database
    Database tipe ini adalah tipe yang paling umum. Data dalam relational database disimpan dalam berbagai tabel data. Setiap tabel memiliki key field yang digunakan untuk menghubungkan satu tabel dengan tabel lainnya.

  2. Operational database
    Database tipe ini menyimpan data yang penting bagi berbagai operasi suatu organisasi seperti data inventaris. transaksi, keuangan, dan lain-lain.

  3. Database warehouse
    Database warehouse adalah database yang digunakan untuk menyimpan data dalam jangka waktu lama.

  4. Distributed database
    Distributed database adalah database yang terdiri dari beberapa database yang dikelola oleh cabang-cabang suatu organisasi. Seluruh database yang dikelola oleh setiap cabang membentuk satu database yang utuh.

Sumber: http://www.my-project-management-expert.com/different-types-of-databases.html

Database pada dasarnya merupakan gudang data yang dirancang untuk mendukung penyimpanan data yang efisien. Selain penyimpanan data, database juga membantu dalam pengambilan dan pemeliharaan data yang tersimpan di dalamnya. Ada banyak jenis database diantaranya yaitu :
image

1. Analytical database

Database ini menyimpan data dan informasi yang diambil dari operasional yang dipilih dan eksternal database. Mereka terdiri dari data dan informasi yang dirangkum paling dibutuhkan oleh sebuah organisasi manajemen dan End-user lainnya. Beberapa orang menyebut analitis multidimensi database sebagai database, manajemen database, atau informasi database.

2. End-User database

End-User adalah pengguna perangkat lunak, aplikasi atau produk. Database ini terdiri dari berbagai file data yang dikembangkan oleh end-user di workstation mereka. Contoh dari ini adalah koleksi dokumen dalam spreadsheet, word processing dan bahkan download file.

3. Grafik Basis Data

Jenis grafik ini membantu dalam menyimpan data untuk skema dinamis dan memberikan indikasi bebas indeks.

4. Hypertext Database

Jenis database ini digunakan untuk mengatur sejumlah besar informasi yang berbeda. Jenis informasi tidak dirancang untuk melakukan analisis numerik. Objek dihubungkan dengan objek lain dalam tipe database hypertext.

5. Flat-File Database

Jenis ini didefinisikan sebagai file data yang catatannya tidak memiliki hubungan terstruktur. Dalam bahasa yang sederhana, jika kita memiliki satu tabel dalam database, maka akan disebut sebagai database flat file. Hal ini berguna untuk menyimpan sejumlah kecil catatan. Aplikasi spreadsheet seperti Excel bekerja sebagai database flat file.

Sumber :

ew
Jenis - jenis Database :

  1. Database teks

Bentuk paling sederhana dari database adalah database teks. Menyimpan daftar nama dalam file, dimulai dengan nama pertama dan diikuti oleh nama terakhir, akan menjadi database sederhana. Setiap baris dari file tersebut merupakan record.

  1. Database Program Desktop

Tipe lain dari database adalah sistem yang lebih kompleks daripada database teks, tetapi ditujukan untuk satu pengguna. Sebuah spreadsheet Microsoft Excel atau Microsoft Access adalah contoh yang baik dari program database desktop. Program ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan data, menyimpannya, melindunginya, dan mengambilnya bila diperlukan. Manfaat dari program database desktop lebih dari database teks adalah kecepatan perubahan data, dan kemampuan untuk menyimpan data dalam jumlah besar sekaligus menjaga kinerja sistem mudah dikelola.

  1. Database relasional Manajemen Sistem (RDMS)

Database relasional adalah sistem database yang paling umum. Mereka termasuk database seperti SQL Server, Oracle Database, Sybase, Informix, MySQL. Sistem RDBMS memiliki kinerja yang jauh lebih baik untuk mengelola data melalui database desktop yang memungkinkan beberapa pengguna (ribuan pengguna) untuk bekerja dengan data pada saat yang sama, menciptakan keamanan yang canggih untuk akses data. Sistem RDBMS menyimpan data dalam kolom dan baris, ini pada gilirannya membuat tabel. Sebuah tabel di RDBMS seperti spreadsheet. Kemudian satu set tabel membuat skema. Sejumlah skema membuat database. Banyak database dapat dibuat pada server tunggal.

  1. NoSQL dan Object-Oriented

Struktur yang paling inovatif untuk menyimpan data saat ini adalah NoSQL dan database berorientasi objek. NoSQL khusus mencoba untuk menyederhanakan rak buku(kumpulan data) dengan menyimpan data dengan cara denormalized, ini berarti menyimpannya dalam potongan atau bagian yang besar.

Sumber:
http://www.sridianti.com/pengertian-database-jenis-contoh.html