Apa saja jenis dari kuas lukis?

Kuas Lukis

Kuas lukis juga memiliki jenis, bentuk, ukuran dan bahan yang beraneka rupa. Pemilihan watercolor brush atau kuas lukis, juga memengaruhi gaya melukis yang kita miliki. Ada banyak macam-macam kuas lukis, seperti kuas dengan bentuk round, flat dan wash brush. Apa saja jenisnya?

Macam-Macam Kuas Lukis

image

Berikut jenis-jenis kuas lukis:

  1. Kuas Lukis Round
    Round Brush umumnya digunakan oleh para watercolorist, hal ini dikarenakan fleksibilitas dan agrodinamisnya. Kuas ini mempunyai bentuk yang bulat, sehingga sangat memudahkan kita dalam membuat garis tebal ataupun halus. Kuas ini sangat cocok digunakan saat melukis pada media kanvas berukuran besar.

  2. Kuas Lukis Flat atau Datar
    Jenis kuas ini berbentuk datar, dengan ferrule datar, lurus, dan umumnya sedikit pipih dan persegi. Namun, terkadang ada juga yang memiliki bentuk persegi panjang.

    Hasil garis dari flat brush ini sangat baik ketika akan membuat kontur lurus. Jenis kuas lukis flat umumnya digunakan untuk melukis area tepi, khususnya yang berukuran kecil. Dengan begitu, hasilnya pun tidak akan melebar seperti round brush.

  3. Wash Brus (Mop)
    Mop sendiri dibuat dari bulu tupai ataupun domba. Ketika memilih kuas lukis, tentu tidak bisa sembarangan. Hal ini dikarenakan komponen kuas tersebut juga harus disesuai dengan gambar dan media lukisnya.

  4. Detail Brush
    Kuas ini digunakan untuk menggambar detil-detil kecil karena ujungnya yang lancip.