Apa Saja Jenis dari Batu Bara (Coal)?

image
Gambar : Batu Bara (Sumber : Babich, D. 2008)
Batu bara (coal) merupakan mineral organik yang mudah terbakar, terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan purba yang mengendap dan kemudian berubah bentuk karena proses fisik dan kimiawi yang berlangsung selama jutaan tahun. Batubara mengandung banyak karbon ©, tetapi juga memiliki hidrogen (H), oksigen (O), sulfur (S) dan nitrogen (N), serta beberapa konstituen anorganik (mineral) dan air (H2O).
image
Gambar : Produksi Batu Bara di Dunia (Sumber : Babich, D. 2008)
Berdasarkan kualitasnya, batubara memiliki kelas (grade) yang secara umum diklasifikasikan menjadi empat kelas utama menurut standar ASTM (Kirk-Othmer, 1979) atau lima kelas jika peat termasuk jenis batubara termuda.

  1. Peat
    Kelompok ini sebenarnya termasuk jenis batubara, namun merupakan bahan bakar. Hal itu disebabkan karena masih tahap awal proses pembentukan batu bara. Endapan tersebut masih menunjukkan sifat awal dari bahan dasarnya (tumbuhan).
  2. Lignite
    Lignite sering juga disebut brown-coal. Lignite memiliki moisture content yang tinggi . Saat dikeringkan, gas dan air akan keluar. Endapan ini dapat digunakan secara terbatas untuk tujuan sederhana, karena panas yang dilepaskan sangat rendah sehingga sering digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Lignite merupakan kelas batu bara yang paling rendah.
  3. Sub-bituminous
    Kelompok ini memiliki ciri-ciri tertentu yaitu warna kehitaman, keras, dan kuat. Endapan ini dapat digunakan untuk pembakaran yang cukup dengan temperatur yang tidak terlalu tinggi. Sub-bituminous biasanya digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga uap. Sub-bituminous juga merupakan sumber bahan baku penting dalam produksi aromatic hydrocarbons dalam industri kimia sintetis.
  4. Bituminous
    Bituminous adalah mineral padat, berwarna hitam atau coklat tua, brittle dengan membentuk bongkahan prismatik serta tidak mengeluarkan gas dan air saat dikeringkan. Butuminous sering digunakan untuk keperluan transportasi, industri serta untuk pembangkit listrik tenaga uap.
  5. Antrachite
    Antrasit merupakan kelas batu bara tertinggi. Antrasit berwarna hitam, keras, berkilau, mempunyai presentase fixed carbon yang tinggi dan unsur volatile yang rendah. Antrasit yang baru ditambang mengandung kurang dari 15% moisture content.

Referensi :
Babich, D. 2008. Ironmaking Textbook. RWTH Aachen Departmen of Ferrous Metallurgy : Germany

Manfaat Batu Bara

Batu bara merupakan salah satu bahan tambang yang memiliki banyak manfaat dan identik dengan berbagai sektor industri. Batu bara juga merupakan bahan penting dalam pembuatan produk khusus, seperti :

  1. Karbon Aktif
    Karbon aktif digunakan dalam filter untuk pemurnian air dan udara serta dalam mesin dialisis ginjal.

  2. Serat Karbon
    Serat karbon merupakan bahan penguat yang sangat kuat namun ringan yang digunakan dalam konstruksi, sepeda gunung, dan raket tenis.

  3. Logam Silikon
    Logam silikon digunakan untuk memproduksi silikon yang selanjutnya digunakan untuk membuat pelumas, kosmetik, sampo rambut, dan pasta gigi.

Referensi
https://www.worldcoal.org/coal/uses-coal

Dengan tingkat produksi saat ini (dan apabila cadangan baru tidak ditemukan), cadangan batubara global diperkirakan habis sekitar 112 tahun ke depan. Cadangan batubara terbesar ditemukan di Amerika Serikat, Russia, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), dan India.

Indonesia adalah salah satu produsen dan eksportir batubara terbesar di dunia. Sejak tahun 2005, ketika melampaui produksi Australia, Indonesia menjadi eksportir terdepan batubara thermal. Porsi signifikan dari batubara thermal yang diekspor terdiri dari jenis kualitas menengah (antara 5100 dan 6100 cal/gram) dan jenis kualitas rendah (di bawah 5100 cal/gram) yang sebagian besar permintaannya berasal dari Cina dan India. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, cadangan batubara Indonesia diperkirakan habis kira-kira dalam 83 tahun mendatang apabila tingkat produksi saat ini diteruskan.

Berkaitan dengan cadangan batubara global, Indonesia saat ini menempati peringkat ke-9 dengan sekitar 2.2 persen dari total cadangan batubara global terbukti berdasarkan BP Statistical Review of World Energy. Sekitar 60 persen dari cadangan batubara total Indonesia terdiri dari batubara kualitas rendah yang lebih murah (sub-bituminous) yang memiliki kandungan kurang dari 6100 cal/gram.

1 Like

Batu bara antrasit itu dapat digunakan untuk pembangkit listrik lo dan juga merupakan bahan bakar pemanas terbaik

Di lignite saat dikeringkan akan mengeluarkan air dan gas, apakah air tersebut dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari? Dan gas nya dapat dipakai untuk apa? Terima Kasih

dari kelima kelas tersebut, batu bara jenis apa yang paling sering digunakan oleh manusia sebagai keperluannya?

Adapun 3 perusahaan tambah batu bara terbesar di dunia, antara lain:

  1. North Antelope Rochelle Mine, Amerika Serikat
    Biasa disingkat NARM, Didirikan pada 1984 oleh perusahaan induk Peabody Energy. Saat ini, NARM merupakan perusahaan tambang batu bara terbesar di dunia. Pada tahun 2019, terdapat 85.3 juta ton batu bara yang terjual dari NARM.

  2. Black Thunder Coal Mine, Amerika Serikat
    Biasa disebut Black Thunder, didirikan pada 1997 oleh perusahaan induk Arch Coal. Saat ini, Black Thunder menjadi salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Amerika Serikat, sekaligus menjadi Perusahaan terbesar kedua, baik di AS, maupun di dunia.

  3. Tabalong Coal Consession, Indonesia
    Merupakan perusahaan tambang batu bara terbesar nomor satu di Indonesia, dan terbesar ketiga di dunia. Bertempat di pulau Kalimantan, dan saat ini merupakan bagian dari PT. Adaro Indonesia.

Sumber:
https://bettercoal.org/producer/pt-adaro-indonesia/
https://www.peabodyenergy.com/Operations/U-S-Mining/Powder-River-Basin-Mining/North-Antelope-Rochelle-Mine

Batu bara bitumen (bituminous coal) adalah batu bara yang paling banyak digunakan dan lebih mudah untuk didapat, jenis batu bara ini peringkatnya lebih tinggi dari lignit tetapi lebih rendah dari antrasit. Jenis batu bara ini terutama digunakan untuk menghasilkan kokas, listrik dan uap.

Ciri-ciri jenis batu bara ini adalah:

  • Warna hitam mengkilat, kurang kompak.
  • Nilai kalor tinggi, kandungan karbon relatif tinggi.
  • Kandungan air sedikit.
  • Kandungan abu sedikit.
  • Kandungan sulfur sedikit.

sumber:

Batu bara menjadi salah satu energi yang dapat menghasilkan suatu produk gas. Gas alam yang dapat keluar ini berasal dari batu bara yang masih ada di dalam tanah. Batu bara yang ada di dalam tanah dapat secara langsung menghasilkan gas alam. Selanjutnya, gas alami yang dihasilkan oleh batu bara murni tersebut akan diolah di tempat pertambangan dan bisa menjadi berbagai produk, misalnya untuk bahan bakar industri, pembangkit listrik tenaga gas, serta produk hidrogen dan solar. Jadi manfaat batu bara selanjutnya adalah untuk menghasilkan

sumber:

Dari kelima jenis batu bara tersebut, apakah ada perbedaan kegunaan dan dampak penggunaannya terhadap kehidupan manusia?

Izin bertaya Kak, dari banyak jenis batu bara yang telah disebutkan diatas, adakah diantaranya yang menjadi bahan bakar untuk dapur tinggi untuk pembuatan logam?

Apakah lima jenis batu bara yang ada di artikel dapat digunakan untuk ketiga fungsi tersebut?, ataukah hanya jenis batu bara tertentu saja?, jika iya, apa sajakah jenis batu bara yang mengandung fungsi diatas?

Izin menjawab kak ,Penggunaan batu bara dalam pengolahan logam digunakan juga untuk menghasilkan kokas , produk ini sangat berguna karena kokas adalah bahan utama yg digunakan sebagai bahan bakar berkarbon tinggi untuk pemrosesan logam dalam industri baja. Salah satu jenis batu bara yg dapat menghasilkan kokas adalah batu bara bitumen . Batu bara bitumen merupakan batu bara yg paling banyak digunakan dan lebih mudah untuk didapat.

Sumber: geoservice.co.id

1 Like

Kak izin bertanya, Daerah mana saja yang terdapat pertambangan batu bara jenis antrasit? terima kasih

Batu bara biasa digunakan sebagai bahan bakar dalam industri semen. Tidak hanya itu, abunya juga bisa dijadikan bahan pembuatan semen lohh.