Apa saja jenis cat untuk proses Repaint pada Model kit?

Selamat malam,


Setelah beberapa bulan mengoleksi model kit,kira-kira cat jenis apa ya yang dapat digunakan untuk repaint model kit?dikarenakan warnanya seperti mau luntur.
Terima kasih.

                    Jenis Cat untuk Repaint Model KIT

Untuk para modelers mungkin sudah menjadi perdebatan tentang jenis cat yang bagus untuk model kit gundam, sebenarnya ada tiga jenis cat berbeda yang sering digunakan untuk repaint antara lain ,lacquer, enamel dan acrylic. dari masing-masing tipe tersebut memiliki kekurangan dan kelebihanya masing-masing yang akan kita bahas satu persatu. yang berguna agar anda memahami tipe tip cat untuk model kit dan juga menjadi refrensi memilih cat saat ingin merepaint model kit anda.

Pada saat melakukan pengecatan enamel ataupun laquer menggunakan airbrush ataupun tidak ada baiknya dilakukan di ruangan yang berventilasi bagus atau di repaint booth, ini berguna agar bau atau partikel debu cat tidak terhirup saat bernapas, dan selalu gunakan masker.

Lacquer

Cat lacquer menggunakan solvent organik sebagai pengencernya. Cat lacquer memiliki bau yang paling menyengat dan berbahaya diantara kedua tipecat lainnya ketika dihirup. Hal baiknya adalah karena solvent organik ini sangat mudah menguap jadi cat lacquer merupakan yang paling mudah kering diantara ketiga tipe cat. Biasanya  setelah kering cat tipe ini sangat sulit untuk dihapus tanpa merusak plastik model kit ada. Hal ini dikarenakan cat lacquer merupakan campuran dari banyak bahan kimia, pigment dan carrier-nya yang sangat tangguh sehingga melekat erat di permukaan model kit dengan baik. Cat lacquer juga dapat masuk ke celah kecil dan sempit sehingga sangat baik untuk mengecat bagian detil dari model kit.

Cat kaleng semprot seperti Tamiya,  Duplicolor,  Plastikote, Gunze Sangyo Mr. Color semua itu merupakan tipe cat lacquer. Thinner khusus lacquer yang bisa digunakan untuk mengencerkan cat bisa apa saja, contohnya:thinner dari produsen cat (Mr. Color Thinner,contohnya),thinner cat lacquer dari toko hardware,Xylene,Toulene,Methyl Ethyl Ketone. Anda harus menggunakan primer yang sesuai sebelum mengaplikasikan cat lacquer

Enamel 

Cat enamel menurut saya sudah ketinggalan jaman. Cat enamel menggunakan solvent yang berasal dari mineral dan turunan bensin, lama sekali mengering. Cat enamel juga cenderung menghasilkan lapisan tebal dan mudah ‘lari’ dari permukaaan (hasil semprotan cat meluncur ke bawah dan merusak pengecatan anda). Cat enamel butuh waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk mengering sepenuhnya. Permukaan model kit yang dicat dengan enamel bahkan cenderung lebih lembek bila dibandingkan cat lacquer.

Cat enamel sebenarnya cukup baik bila diaplikasikan dengan kuas karena lebih kental dan lebih lama mengering dibanding lacquer atau acrylic. Hal ini memberikan anda waktu yang lama saat menyapukan kuas tanpa takut cat anda mengering. Cat enamel mengikuti arah sapuan kuas anda, berbeda dengan acrylic yang meluncur ke segala arah dan tidak rata keringnya. Produsen cat enamel diantaranya: Testors, Testors Model Masters, and Humbrol. Tamiya juga memproduksi cat enamel yang hanya dijual di kawasan Asia.

Acrylic 

Cat acrylic dideskripsikan sebagai ‘water-soluble’ yakni karena dapat diencerkan dengan air, dan bisa dihapus atau ditipiskan mengunakan air.  Tipe cat ini direkomendasikan bagi anda modeler newbie karena secara tehnik dapat di tipiskan dengan air atau untuk hasil yang lebih baik bisa menggunakan thiner aclrylic. Banyak modeler yang bilang bahwa cat akrilik adalah yang tertipis dari ketiga jenis cait lainnya. hal ini bagus untuk menambah detail tapi buruk untuk daya tahan yaa karena cat akrilik umunya berbasis air. Beberapa produsen cat akrilik antara lain adalah Tamiya, Model master acryl, Mr.Color, Humbrol acrylic dan Citadel

Seperti biasa, mengecat ulang Gunpla membutuhkan banyak trial and error. Apa yang berhasil untuk Anda belum tentu berhasil untuk orang lain. Jika Anda tidak yakin saat mencoba sesuatu yang baru ada baiknya praktek terlebih dahulu menggunakan sendok plastik.

SEMOGA MEMBANTU YA GAN!! :wink:
Referensi :
Jenis Cat Repaint model kit