Apa saja jenis cat untuk menggambar atau melukis?

Penggunaan cat dalam kegiatan melukis/menggambar tentu saja harus disesuaikan dengan medium yang digunakan dan tujuan kegiatan tersebut.

CAT AIR

Merupakan cat yang berbahan dasar air atau menggunakan air sebagai bahan pengencernya. cat air bisa digunakan pada media kertas dengan bantuan kuas. teknik yang digunakan adalah dengan teknik transparant.

kelebihannya adalah cat ini lebih cepat mengering jadi dapat mempercepat proses pengerjaan, akan tetapi karena ini cat air maka media kertas yang kita gunakan akan bisa robek atau malah bisa rusak parah maka dari itu jika menggunakan cat air kita harus ekstra hati hati.

CAT MINYAK

Sesuai dengan namanya cat ini berbasis minyak dan juga cat ini menggunakan minyak sebagai pengencernya.
cat ini banyak digunakan oleh pelukis, karena warna yang dihasilkan dari cat minyak ini lebih tajam dan tahan lama.
efek yang ditimbulkan adalah mengkilap dan memberi kesan tersendiri pada hasil lukisan.
akan tetapi cat minyak ini sedikit lebih lama dalam proses pengeringan dan berbau tajam.

CAT ACRYLIC

Cat ini cenderung lebih pekat dibanding cat air, media yang digunakan adalah kanvas, kayu, styrofoam, akan tetapi ada juga yang memakainya dengan media kertas.
cat ini lebih cepat mengering dan warnanya rentan pudar jika terkena sinar matahari terus menerus, jika ingin melukis aliran naturalism atau realism jgn mengunakan cat ini gunakanlah cat minyak.

CAT POSTER

Cat ini sama halnya dengan cat air hanya saja cat ini lebih pekat.
media yang digunakan adalah kertas

CAT TEKSTIL

Cat ini digunakan untuk media kain, banyak orang menggunakan untuk melukis di baju araupun sepatu dan sebagainya yang media kain, media pengencer adalah air dan cat ini cepat mengering.