Apa Saja Jenis Cahaya Berdasarkan Sifat dan Garis Sinarnya?

jenis cahaya
Cahaya memegang peran penting dalam fotografi. Dengan cahaya yang cukup bagus menjadikan foto terlihat tampak indah.

Apa Saja Jenis Cahaya Berdasarkan Sifat dan Garis Sinarnya ?

1 Like

Jenis Cahaya Berdasarkan Sifat dan Garis Sinarnya :


  1. Cahaya dapat menembus
    Cahaya dapat menembus bahan-bahan yang tidak padat seperti kain, kertas kalkir dan kaca sehingga kualitas kerasnya cahaya dapat dibuat lunak atau soft.
  2. Cahaya dapat difokuskan
    Cahaya dapat kita salurkan kearah mana kita kehendaki, dia dapat dikumpulkan dan difokuskan agar kuantitasnya lebih besar lagi. Sebagai contoh adalah sinar Matahari yang difokuskan oleh surya kanta atau kaca pembesar.
  3. Cahaya dapat dipantulkan
    Cahaya itu dapat pula kita belokan atau kita pantulkan dengan benda yang mempunya daya pantul yang tinggi seperti cermin, styrofoam, kertas perak dll yang lazim kita sebut dengan reflektor untuk menyinari bagian-bagian yang gelap.
  4. Cahaya mempunyai warna
    Semua sumber cahaya mempunyai warna atau umumnya kita sebut dengan suhu warna dalam hitungan derajat Kelvin dan dapat diukur dengan Kelvin Meter / Color Meter.

Walaupun tidak secara fisik memberikan efek yang sama dengan suhu panasnya api atau dinginnya es, secara psikologi warna dapat juga dikelompokan seperti contoh warna yang hangat (merah & kuning) dan dingin (biru & hijau). Cahaya dari matahari pun mempunyai warna yang berbeda disepanjang hari. Pada pagi dan sore hari akan memberikan warm tone color atau warna yang hangat kekuning kuningan, maka dari
itu pemotretan model di outdoor dianjurkan pada saat seperti ini.

Berikut ukuran kekuatan cahaya dalam derajat Kelvin
Rata-rata pada siang hari adalah 5500K
Lilin 1800K
Bohlam 100watt 2850K
Bohlam 500watt 3200K
Fotoflood 3400K
Flash 5500- 5700K
Langit biru 10000-12000K