Apa saja jenis badak yang ada di dunia?

jenis badak
Apa saja sih jenis-jenis badak yang ada di dunia ini ?

  1. Badak Putih
    Badak Putih merupakan satu dari 2 species yang ditemukan di Afrika. Walaupun dinamakan Badak Putih, sebenarnya warna dari badak ini tidaklah putih sama sekali, kulit mereka sebenarnya berwarna abu-abu. Badak Putih juga dikenal sebagai Badak berbibir persegi. Terdapat 2 jenis sub-spesies badak yang memiliki 2 cula ini, yaitu Southern White Rhino (Badak Putih Selatan) dan Northern White Rhino (Badak Putih Utara). Saat ini, sub-spesies Southern White Rhino memiliki populasi sekitar 20.000 ekor gan di Afrika bagian Selatan. Saat ini Badak Putih Selatan merupakan badak dengan populasi terbanyak di dunia walaupun populasinya hanya sekitar 50-100 ekor di awal tahun 1900-an. Hal ini terjadi karena usaha konservasi yang terbilang sukses dalam 1 abad terakhir.

  2. Badak Hitam
    Badak Hitam merupakan spesies ke dua yang bisa ditemukan di Afrika. Sama seperti badak putih, sebenarnya badak ini tidaklah berwarna hitam walaupun disebut badak hitam, tapi justru berwarna abu-abu. Badak ini juga dikenal sebagai hooked lip rhino. Pemburuan dalam skala besar membuat badak yang sekarang terancam punah ini mengalami penurunan populasi yang sangat dramatis sebesar 96% dari sekitar 70 ribu ekor di tahun 1970 menjadi hanya sekitar 2410 di tahun 1995. Tapi karena usaha yang gigih untuk melakukan konservasi, akhirnya populasi mereka bisa bertambah menjadi sekitar 5040-5458 saat ini. dan yang terpenting, persebarannya secara geografis juga sudah semakin meluas saat ini.

  3. Badak India
    Badak India atau yang juga dikenal sebagai greater one-horned rhinoceros merupakan badak yang dapat ditemui di Nepal dan Assam, India. Badak ini sempat membuat ‘comeback’ yang menakjubkan dari jurang kepunahan. Kurang dari 200 ekor tersisa di tahun 1900, sekarang populasi mereka bertambah menjadi 3.550 karena usaha konservasi yang dilakukan bersama di Nepal dan India, habitat mereka yang tersisa. Pemburuan liar masih menjadi ancaman bagi mereka, terutama di Kaziranga National Park. Walaupun begitu, memperluas habitat mereka masihlah menjadi prioritas kunci untuk menyelamatkan mereka. Saat ini Badak India berstatus “Rentan Punah”.

  4. Badak Sumatera
    Badak Sumatera merupakan satu dari 2 spesies badak yang ditemukan di Indonesia. Dilaporkan populasinya telah berkurang sekitar 50% sejak tahun 1990. Sama seperti yang dialami oleh badak lain, penurunan populasi ini terjadi karena banyaknya pemburuan yang mengincar cula mereka. Namun selain itu, Badak Sumatera juga mengalami kehilangan habitat akibat adanya deforestasi di Sumatera. Habitat mereka dirusak terutama untuk penanaman kelapa sawit. Saat ini Badak Sumatera berstatus Sangat terancam punah dengan populasi yang diperkirakan kurang dari 80 ekor. Sekarang mereka semua tinggal di penangkaran untuk mempercepat pertambahan populasi mereka.

  5. Badak Jawa
    Badak Jawa juga merupakan spesies badak yang ditemukan di Indonesia selain Badak Sumatera. Badak jenis ini merupakan spesies yang paling terancam punah diantara semua badak di dunia. Usaha konservasi yang dilakukan sebenarnya cukup menggembirakan, dengan jumlah populasi yang meningkat dari 47 ekor di tahun 1970 menjadi 63 di tahun 2016 dan 67 di tahun 2018. Namun, pelestariannya saat ini mengalami tantangan habitat. WWF Indonesia menyatakan, badak Jawa menghadapi keterbatasan lahan untuk pertumbuhan populasi dan pertumbuhan langkap (Arenga obsitulia) sebagai spesies invasif. Berikut peta persebaran Badak Jawa sebelum terancam punah.