© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya ?

alat musik

Apa saja jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya ?

Jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya :

  • Alat musik tiup, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara di tiup. Contoh : harmonica, recorder, tuba, seruling, flute, bason, horn, terompet, pianika, saksofon, clarinet dan lain-lain.

  • Alat musik gesek, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Contoh : biola, rebab, cello, violin, kontra bas, viola dan lain-lain

  • Alat musik petik, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik. Contoh : gitar, bas, mandolin, harpa, siter, banjo, sasando, ukulele, dan lain-lain.

  • Alat musik pukul, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Alat musik pukul ada dua macam:

    1. Alat musik pukul bernada. Contoh : kulintang, perangkat gamelan, calung, vibraphone, arumba, xylophone, bellira, glockenspiel dan lain-lain.

    2. Alat musik pukul tak bernada. Contoh : gendang, ketipung, rebana, tamborin, symbal, tympani, triangle, kastanyet, gong, pauken, drum set dan lain-lain.

  • Alat musik tekan, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditekan. Contoh : piano, organ, keyboard dan lain-lain.

Dari segi alat-alat yang digunakan dalam seni musik, berdasarkan cara alat musik itu dibunyikan, maka alat-alat tersebut digolongkan dalam; instrumen dawai, instrumen tiup, instrumen pukul (perkusi), dan instrumen papan-nada.

  1. Instrumen dawai, yaitu alat musik yang berbunyi karena dawainya dipetik atau digesek. Yang termasuk alat musik dawai ini di antaranya adalah biola, alto, harpa, gitar, mandolin, lut, dan benyo.

  2. Instrumen tiup, yaitu alat musik yang dawainya ditiup. Semakin panjang tabung yang berisi udara semakin rendah suara yang dihasilkan. Yang termasuk instrumen ini adalah pipa, rekorder, pikolo, suling, oboi korno Inggris, klarinet, fagot, saksefon, terompet, komet, tuba, dan tamborin.

  3. Alat musik yang dawainya dipukul, dinamakan alat musik pukul atau perkusi. Yang termasuk instrumen perkusi diantaranya adalah timpani, tambur besar atau jidor, tambur kecil atau tambor militer, tamburin, kastanyet, traingel, katuk giring-giring, genta tabung, silofon, simbal gong, dalsimer atau glockenspiel, seleste dan siler.

  4. Instrumen yang mempunyai papan nada. Yang termasuk instrumen ini di antaranya adalah Harpsikor, spinet, virjinal, klavikor, piano, orgen, pianoforte.

Alat-alat musik tersebut dapat dimainkan secara sendiri (tunggal), ataupun dalam kelompok dengan bermacam-macam kombinasi, kelompok ini akan berwujud esambel atau besar, yang dikenal dengan nama orkes. Penggunaan alat-alat musik itu baik secara tunggal ataupun kelompok sepenuhnya ditetapkan oleh komponisnya dan menurut yang diperlukan oleh penyelenggaranya. Ada musik yang diciptakan untuk permainan tunggal, ada pula kelompok dengan kemungkinan bermacam-macam kombinasi.

Ringkasan

Arie Soekarno, Buku Pintar Musik (Jakarta: Inovasi, t.t)