Apa saja item-item yang terdapat didalam Schedule Management?

Plan Schedule Management adalah proses penetapan kebijakan, prosedur, dan dokumentasi untuk perencanaan, pengembangan, pengelolaan, pelaksanaan dan pengendalian jadwal proyek. Dengan kata lain, merencanakan jadwal proses manajemen bertujuan untuk memastikan penyelesaian suatu proyek secara tepat waktu.

"Apa saja item-item yang terdapat didalam Schedule Management ?

Item-item yang terdapat didalam schedule management adalah :

  1. Scheduling methodology and scheduling software, sangat membantu dalam Plan Schedule Management Process. Jadi rencana pengelolaan jadwal harus mencakup metodologi dan perangkat lunak yang digunakan dalam proyek. Misalnya, jika metode jalur kritis akan digunakan untuk menentukan durasi proyek, ini harus didokumentasikan dalam rencana pengelolaan jadwal. Begitu pula jika Microsoft Project adalah alat yang akan digunakan untuk penjadwalan, ini termasuk dalam jadwal rencana pengelolaan. Pelatihan Microsoft Project secara online akan membantu Anda menguasai penggunaan alat penting ini untuk Plan Schedule Management Process.

  2. Establishment of a schedule baseline, termasuk dalam rencana pengelolaan jadwal juga. Jadwal baseline sangat penting selama Proses Manajemen Jadwal Rencana. Ini membantu untuk memeriksa apakah proyek berjalan seperti yang direncanakan dan apakah tenggat waktu proyek akan terpenuhi. Oleh karena itu, baseline jadwal termasuk dalam jadwal rencana pengelolaan.

  3. Identification of performance measures to identify variances early, juga termasuk dalam rencana pengelolaan jadwal. Untuk memeriksa apakah proyek berjalan seperti yang direncanakan dan apakah tenggat waktu yang disepakati akan terpenuhi selama Proses Manajemen Jadwal Rencana, diperlukan pengukuran kinerja. Dan bagaimana melakukan ini, frekuensi, metode yang akan digunakan saat mengukur dll perlu disertakan dalam rencana pengelolaan jadwal.

  4. Planning for how schedule variances, akan dikelola harus disertakan dalam rencana pengelolaan jadwal juga. Misalnya, jika ada anggaran kontinjensi yang akan digunakan untuk memperoleh dan menetapkan sumber daya tambahan bila akan ada varians jadwal, ini harus disertakan dalam rencana pengelolaan jadwal yang dibuat dalam Plan Schedule Management Process.

  5. Identification of schedule change control procedures, jadwal harus ditempatkan dalam rencana pengelolaan jadwal selama Proses Manajemen Jadwal Rencana. Bila ada permintaan perubahan yang disetujui, atau bila ada varians, jadwal yang ada biasanya membutuhkan update. Bagaimana mengubah jadwal dan prosedurnya harus disertakan dalam rencana pengelolaan jadwal.

  6. How you will measure schedule performance and in what frequency, apa yang harus diuraikan dalam rencana pengelolaan jadwal. Mingguan, bulanan atau dalam setiap 2 minggu? Berapakah frekuensi pengukuran kinerja jadwal? Apa metrik dan alat untuk mengukur kinerja jadwal? Ini harus disertakan dalam rencana pengelolaan jadwal selama Plan Schedule Management Process.

  7. Guidelines on how estimates should be stated, harus dalam rencana pengelolaan jadwal. Setelah kegiatan ditentukan dan sumber daya ditugaskan, estimasi usaha dilakukan. Dan untuk memastikan estimasi dan pelaporan koheren, unit untuk estimasi harus didokumentasikan dalam rencana pengelolaan jadwal dalam Plan Schedule Management Process.

  8. Variance thresholds, harus disertakan dalam rencana pengelolaan jadwal selama Plan Schedule Management Process. Jadwal indeks kinerja menunjukkan apakah sebuah proyek berada di belakang jadwal atau lebih cepat dari jadwal. Dan ambang batas varians menentukan kapan harus ada tindakan perbaikan yang dilakukan.

  9. Type of reports for schedule, Maukah Anda menggunakan diagram batang, daftar aktivitas, diagram jaringan, atau jenis laporan lainnya yang akan Anda gunakan untuk pelaporan jadwal? Ini harus didefinisikan dalam rencana manajemen jadwal selama Plan Schedule Management Process.

Referensi

https://blog.masterofproject.com/plan-schedule-management-process/