Apa saja istilah umum yang terdapat pada label nutrisi?

Label nutrisi menjadi syarat wajib produk kemasan yang dipasarkan. Hampir semua makanan pokok kemasan, snack , minuman kaleng, jus buah kemasan serta makanan siap saji sekarang banyak yang menyertakan label nutrisi. Label nutrisi memberikan banyak pengetahuan terkait nutrisi yang terdapat pada makanan atau minuman tersebut. Apa saja istilah umum yang terdapat pada label nutrisi ?

Label nutrisi telah banyak ditemukan di makanan pokok, snack , minuman kaleng, jus buah kemasan bakan makanan siap saji. Kegunaannya adalah sebagai syarat wajib produk kemasan saat dipasarkan agar konsumen atau orang yang membacanya mendapat banyak pengetahuan dari situ, mulai mengetahui berapa banyak kandungan gizinya pada setiap asupan yang nantinya dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa diantaranya:

  • Kalori , merupakan satuan yang digunakan untuk menggambarkan berapa banyak energi yang bisa dihasilkan dari setiap makanan atau minuman kemasan.
  • Karbohidrat , merupakan senyawa organik yang mengandung atom karbon, hidrogen, dan oksigen. Senyawa-senyawa ini sebagai hidrat dari karbon, sehingga dinamakan karboidrat. Karboidrat menjadi salah satu sumber nutrisi yang ada dalam setiap makanan atau mungkin minuman kemasan.
  • Lemak , merupakan sekelompok ikatan organik yang terdiri dari unsur C, H, dan O, yang mempunyai sifat dapat larut dalam zat-zat pelarut non pola seperti petroleum benzene, etanol, kloroform, dan eter. Lemak sebagai salah satu sumber nutrisi yang ada dalam suatu makanan atau minuman kemasan.
  • Protein , merupakan senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida yang mengandung unsur-unsur C, , O, N dan ada pula yang mengandung unsur S dan P.
  • Vitamin , merupakan senyawa organik tertentu yang diperlukan dalam jumlah kecil tetapi esensial untuk reaksi metabolisme dalam sel dan penting untuk petumbuhan normal dan memelihara kesehatan. Vitamin menjadi salah satu kelompok sumber nutrisi yang memiliki peranan yang penting bagi tubuh.
  • Gula . Mewakili jumlah kandungan gula yang terkandung pada setiap makanan dan minuman yang dipasarkan dalam bentuk kemasan.
  • Ukuran sajian . Berada pada urutan pertama label nutrisi, ukuran atau takaran sajian menjelaskan berapa banyak konsumsi yang diperbolehkan dalam sekali konsumsi.
  • Komposisi , merupakan beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat suatu makanan atau minuman dalam bentuk kemasan.
  • Persen harian. Menggambarkan berapa persen asupan suatu nutrisi yang dapat diserap tubuh dalam sekali makan atau minum suatu produk kemasan.