Apa saja isi dari dokumen Perencanaan Manajemen Risiko atau Risk management plan ?

manajemen risiko

Salah satu tahap dalam proses manajemen risiko yaitu Perencanaan manajemen risiko yang memiliki output Risk Management Plan. Apa saja isi dari dokumen Perencanaan Manajemen Risiko atau Risk management plan ?

1 Like

Bagian-bagian yang ada didalam dokumen perencanaan manajemen risiko antara lain :

  • Metodologi : Mendefinisikan pendekatan , alat , dan sumber data yang dapat digunakan untuk melakukan manajemen risiko pada proyek jumlah informasi yang tersedia , dan fleksibilitas yang tersisa dalam manajemen risiko. Beberapa organisasi mungkin memiliki pendekatan analisis risiko dan respon yang berbeda-beda yang harus disesuaikan dengan proyek.

  • Peran dan Tanggung Jawab : menguraikan tanggung jawab dan peran utama, juga pendukung serta keanggotaan tim manajemen risiko untuk setiap tindakan.
    Peran yang telah ditetapkan, tanggung jawab, dan tingkat kewenangan untuk pengambilan keputusan akan mempengaruhi perencanaan.

  • Budgeting : menetapkan anggaran manajemen risiko untuk proyek tersebut.

  • Timing : berisi rencana waktu pelaksanaan proses manajemen risiko di sepanjang siklus proyek yang akan mempengaruhi hasil keputusan. Keputusan harus ditinjau kembali secara berkala selama pelaksanaan proyek .

  • Scoring dan interpretasi : Metode yang dilakukan untuk menganalisis risiko kualitatif dan kuantitatif. Metode scoring harus ditentukan terlebih dahulu untuk memastikan konsistensi.

  • Scope : ruang lingkup untuk risiko yang akan ditindaklanjuti , oleh siapa , dan dengan cara apa.

  • Format pelaporan : Menjelaskan isi dan format dari rencana risk response yang Mendefinisikan bagaimana hasil dari proses manajemen risiko akan didokumentasikan , dianalisis , dan dikomunikasikan kepada tim proyek , stakeholder internal dan eksternal , sponsor , dan lain-lain.

  • Pelacakan : pencarian dokumen tentang semua aspek kegiatan yang berisiko yang akan disimpan untuk kepentingan proyek saat ini sekaligus kebutuhan masa depan.