Apa saja input yang digunakan dalam Plan Risk Responses?

Plan Risk response menentukan tindakan respon yang efektif dan sesuai denfan prioritas dari individual risiko dan seluruh risiko projek. Tujuan dan objektif dari perencanaan proses respon terhadap risiko yaitu untuk menentukan serangkaian tindakan yang paling meningkatkan peluang keberhasilan proyek sekaligus mematuhi berlaku kendala organisasi dan proyek dan bertanggung jawab untuk pemantauan kondisi projek dan implementasi tindakan yang jelas.

Apa saja input yang digunakan dalam Plan Risk Responses?

Ada 2 input yang digunakan dalam plan risk responses

  1. Risk Management Plan
    Risk management plan adalah dokumen yang dipersiapkan seorang manajer proyek untuk menganalisis risiko sebelumnya, memperkirakan dampak, dan mendefinisikan tanggapan terhadap isu-isu. Risk management plan juga berisi matriks penilaian risiko. Risk management plan mengandung analisis kemungkinan risiko dengan dampak tinggi dan rendah, serta strategi mitigasi untuk membantu proyek menghindari masalah umum yang dapat muncul. Risk management plan harus ditinjau secara berkala oleh tim proyek untuk menghindari analisis yang tidak mencerminkan potensi risiko proyek yang sebenarnya.

  2. Risk Register
    Risk Register adalah repositori untuk informasi risiko yang mencakup pengumpulan data dan mengerti tentang risiko dari waktu ke waktu. Risk Register adalah dokumen yang mencakup informasi berikut:

    • Risiko pernyataan (jelas diajukan dalam “jika/kemudian” atau “penyebab/efek”) menyebabkan risiko
    • Kemungkinan dan dampak relatif mereka
    • Kategori, seperti waktu, biaya, manajemen mutu, eksternal, dan sebagainya
    • Prioritas
    • Strategi untuk mengatasi risiko
    • Gejala atau pemicu
    • Pemilik risiko dan pemilik strategi
    • Hasil sebagai risiko lulus atau diwujudkan.

http://www.learncertification.com/study-material/plan-risk-responses-input

Risk Management Plan, yang dibuat selama proses perencanaan manajemen risiko, adalah dokumen yang berfokus pada bagaimana merencanakan dan menangani semua risiko yang terkait dengan proyek. Ini menggambarkan bagaimana pemantauan dan pengendalian risiko akan dilakukan selama siklus hidup proyek. Namun tidak melihat tanggapan spesifik yang akan dilaksanakan jika suatu risiko terjadi.

image

Komponen Risk Management Plan yang menjadi masukan untuk proses Plan Risk Responses adalah:

  • Roles and responsibilities : penunjukan pemantauan risiko dan tindakan kontrol untuk individu atau kelompok tertentu. Tim pemantau dan kontrol risiko eksternal mampu memberikan analisis risiko yang independen dan tidak bias.
  • Risk analysis definitions : melakukan pendefinisian terhadapat risiko-risiko yang mungkin terjadi. Bisa jadi suatu risiko yang baik ataupun risiko yang buruk.
  • Schedule for risk reviews : melakukan penjadwalan untuk meninjau ulang terkait risiko-risiko yang ada.
  • Risk thresholds for low, medium, high risk : melakukan perencanaan terkait Ambang batas risiko untuk risiko rendah, sedang, dan tinggi.

Sumber :