Apa saja indikator untuk mengukur keefektifan Minimum Viable Product ?

Agar tidak salah dalam membuat Minimum Viable Product dan Mengukur apakah MVP tersebut sudah berjalan sebagaimana mestinya apa saja indikator yang dapat dipakai sebagai acuan?

Sebenarnya tidak ada indikator yang resmi yang dapat menjadi tolak ukur apakah Minimun Viable Product sudah efektif atau belum, namun dari berbagai pengalaman dan pengetahuan para pembuat MVP ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menentukan apakah MVP sudah efektif atau belum, yaitu:

1. Customer interviews
Customer Interview adalah metode yang dapat dilakukan untuk mengetahui keefektifan sebuah MVP langsung dari penggunanya. Kita dapat mengajukan pertanyaan terkait MVP dan mengetahui apakah mereka para pengguna puas atau tidak

2. Landing Pages
Landing Pages, adalah halaman pertama yang dikunjungi pengunjung dan calon pelanggan saat mereka mengarahkan pointer ke arah produk Anda.
Ini adalah peluang pemasaran tempat Anda dapat menjelaskan fitur produk Anda dan meminta mereka mendaftar, tetapi pada saat yang sama hal ini juga merupakan MVP hebat yang memungkinkan Anda menguji produk Anda terhadap ekspektasi pasar.
Ekstra Klik ini tidak hanya menunjukkan minat pengunjung terhadap produk, tetapi juga memberi data kepada tim tentang harga apa yang akan sesuai untuk pasar.

3. A/B Tests
A/B Testing digunakan untuk menguji keefektifan setiap perubahan terhadap produk atau pemasaran Anda. Berbagai alat analitik dapat digunakan untuk menguji bagaimana pengunjung bereaksi terhadap keputusan desain yang Anda buat.
A/B Testing memungkinkan Anda menguji dua versi halaman atau salinan pemasaran dan membiarkan interaksi pengunjung menentukan mana yang berkinerja terbaik.

4. Ad Campaigns
Ad Campaigns adalah cara yang bagus untuk menjalankan survei validasi pasar. Google dan Facebook adalah platform yang memungkinkan Anda untuk menelusuri demografis ke target pelanggan tertentu yang Anda coba jangkau, dan ini memungkinkan Anda menjalankan uji ketelitian untuk melihat fitur atau aspek mana dari produk Anda yang paling menarik bagi mereka.

Referensi