Apa saja indikator produk yang ideal itu?

produk ideal

Dalam menentukan fitur-fitur apa yang harus ada di dalam sebuah MVP, salah satu hal utama yang menjadi pertimbangannya adalah memikirkan fitur-fitur apa yang sesuai untuk mencapai produk yang ideal yang ingin Anda buat.

Produk yang ideal ini bukan berarti harus mengikuti apa yang diinginkan oleh konsumen. Karena kalau hanya seperti itu perusahaan hanya akan bertahan sementara, sebab kebutuhan konsumen berubah dengan cepatnya. Tetapi, produk yang ideal yang dimaksudkan adalah produk yang dapat memperkirakan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan nantinya. Perusahaan dikatakan berhasil dan hebat jika mampu membuat produk dan menjualnya ke pasar dan memaksa konsumen untuk membelinya.

Produk yang ideal itu menerapkan setidaknya beberapa hal berikut ini:

  1. Selalu ingin belajar lebih banyak lagi.

  2. Memperhatikan segmentasi usia dengan konten yang tetap variatif.

  3. Memiliki kemampuan penetrasi pasar.

  4. Memiliki harga yang kompetitif dan mampu bersaing.

  5. Selalu lakukan upgrade terhadap produk.

  6. Jika ini adalah produk yang pertama kali akan dipasarkan maka pastikan telah melakukan test atau survei pasar terlebih dahulu.