Apa Saja Ikan Hias yang Dapat Dipelihara Tanpa Oksigen?

image

Apa Saja Ikan Hias yang Dapat Dipelihara Tanpa Oksigen?

1 Like

Memandang ikan berenang di akuarium seakan menjadi ketenangan tersendiri untuk para penggemarnya. Melihat hewan peliharaan segar dan sehat menjadi hal yang menyenangkan bagi pemiliknya. Saat kita membeli akuarium ada beberapa aksesori yang juga perlu dibeli agar mereka tidak mudah mati, termasuk pompa oksigen. Bagi pemula, membeli aerator tentu masih dipertimbangkan. Memang aerator baik untuk sirkulasi oksigen pada air, namun untuk kalian yang berbudget minim tentu akan malas untuk membeli alat ini.

Tidak sedikit pencinta ikan yang menanyakan, apakah ikan hias ini ada yang bisa hidup lama tanpa pompa oksigen atau aerator ini? Ada beberapa jenis ikan wajib diberi aerator atau pompa oksigen untuk bertahan hidup. Tetapi juga Ternyata cukup banyak jenis ikan hias air tawar yang tidak perlu tambahan oksigen. Nah, berikut ini adalah beberapa di antaranya sebagai referensi Anda.

Berikut ini beberapa referensi ikan hias yang bisa hidup tanpa oksigen dan cocok bagi pemula

1.Ikan Cupang
image
Ikan Cupang ini memiliki ekor dan sirip yang lebar dan mengembang dengan warna-warni cerah dan terlihat sangat cantik. Oleh karena ikan ini tidak mudah mati dan pemeliharaanya mudah, maka banyak dipelihara sebagai latihan memelihara dan merawat ikan hias.

Ikan Cupang yang bersifat agresif ini bisa hidup di air yang sedikit saja. Selain itu jenis ikan hias air tawar ini tetap bisa bertahan tanpa tambahan oksigen. Oleh karenanya, ikan ini bisa hidup di ukuran akuarium sebesar toples. Meskipun demikian, Anda tetap harus merawatnya dengan baik, dengan memberi makan teratur dan menjaga agar tidak stres.

2. Ikan Molly
image
Ikan Molly sering disebut sebagai ikan balon karena perut ikan ini saat dewasa buncit seperti balon, menyerupai ikan mas koki. Dengan harga yang cukup murah serta memiliki corak warna yang beragam, ikan Molly balon ini banyak diburu penggemar ikan hias.

Ikan Molly Balon cukup mudah dipelihara di akuarium dan tidak perlu perawatan yang intensif, bahkan tidak perlu tambahan oksigen. Ikan ini memiliki kekebalan tubuh yang tinggi sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, Ikan Molly memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik saat beradaptasi dengan lingkungannya.

3. Ikan Komet
image
Ikan Komet merupakan jenis ikan hias air tawar yang sungguh indah, tubuhnya ramping dengan warna merah menyala atau putih perak yang mengkilap. Ikan Komet ini memiliki ekor yang panjang dan melambai-lambai saat berenang ini memang mirip dengan ikan koi karena satu famili.

Meski cantik ikan ini harganya murah dan perawatannya mudah. Siapa pun bisa merawat ikan ini karena pakannya mudah dan tidak rewel. Ikan Komet juga tahan dan kuat, sehingga Anda tidak perlu menggunakan tambahan oksigen.

4. Ikan Koki


Ikan Koki yang banyak jenisnya ini postur tubuhnya sangat lucu karena berbentuk bulat dan pendek. Oleh karenanya ikan ini seolah kesulitan saat berenang dan terlihat lucu. Namun, kabar baiknya ikan mas Koki ini merupakan ikan hias yang mudah dipelihara dan tahan.

Oleh karenanya ikan Koki bisa hidup di akuarium yang tanpa dipasang aerator atau penambah oksigen. Tentunya, asal perawatan pakan dan air tempat hidup dijaga dan tambahan lagi jangan dicampur dengan Ikan Komet yang suka menyerang ikan lain.

5.Ikan Nila Hias
image
Jangan salah, ikan Nila bukan hanya jenis ikan yang bisa dimakan, melainkan ada juga ikan Nila hias. Ikan Nila hias ini memiliki keindahan corak tubuh dan warna yang beragam sehingga enak dipandang. Ikan Nila yang harganya murah ini pun mudah dikembangbiakkan.

Oleh karena ketahanannya yang tinggi, ikan Nila bahkan bisa hidup di kolam tanpa bantuan aerator atau penambah oksigen. Hanya saja pisahkan Ikan Nila ini dengan Ikan lainnya, karena Ikan Nila termasuk jenis ikan hias air tawar predator yang menyerang ikan jenis lain yang lebih kecil.

6.Ikan Lele Hias
image
Sama seperti Ikan Nila, Ikan Lele memiliki varian yang bisa dipelihara sebagai ikan hias akuarium. Ikan Lele Hias ini memiliki warna yang berbeda dari ikan Lele biasa, karena terdapat totol-totol merah muda dan merah tua dengan kombinasi warna putih bening . Ikan Lele hias ini kuat dan tahan, sehingga bisa dipelihara tanpa bantuan oksigen tambahan.

7.Ikan Sapu-Sapu
image
Ikan Sapu-Sapu yang berwarna hitam monoton memang kurang dilirik bahkan dijuluki ikan monster. Namun, jangan salah ikan sapu-sapu hias memiliki warna yang beraneka ragam bahkan ada yang garis-garis hitam putih yang cantik sehingga tidak kalah indah dengan ikan hias lainnya.
Ikan Sapu-Sapu sangat mudah diperoleh di sungai dan kali dan biasanya difungsikan sebagai pembersih kolam dan akuarium. Oleh karenanya ikan yang suka mendekam di dasar kolam atau akuarium ini, mampu bertahan hidup tanpa oksigen tambahan. Bahkan, ikan ini bisa hidup di air yang tercemar limbah yang kotor dan beracun.

8. Ikan Guppy
Ikan Guppy
Seperti ikan molly, ikan guppy juga memiliki beberapa jenis yang unik, mulai dari jenis lokalan sampai yang import. Untuk soal harga bervaresi sob, namun masih sangat terjangkau kok. Perawatan ikan guppy juga sangat mudah serta bisa dipelihara secara bersama-sama, berbeda dengan cupang yang harus dipisah agar tidak tarung. Selain itu, ikan guppy juga mudah beranak loh.

9. Ikan Swordtail
Ikan Swordtail
Ikan Swordtail atau yang dikenal juga dengan nama ikan pedang merupakan opsi ikan hias selanjutnya. Seperti namanya, ikan pedang ini memiliki bagian tubuh mirip seperti pedang tepat dibawah ekornya, namun hanya pada pejantan.

10. Ikan Platy/Platis
Ikan Platy
Berukuran kecil dan berawarna warni ikan platis cocok sebagai ikan hias di aquarium teman-teman. Ikan platis juga memiliki ragam warna sob, alangkah bagusnya jika kalian memeliharanya dalam jumlah banyak serta memilih warna yang berbeda-beda.

  1. Tetra
    image
    Sempurna untuk pemula. Ikan ini cerah, kecil, berwarna-warni, dan energik. Mereka berkembang dengan baik dalam kelompok, 3-5 ikan adalah ukuran sekolah yang ideal. Anda dapat menghabiskan waktu hanya mengamati mereka, karena mereka menghibur untuk menonton. Mereka lebih suka banyak tanaman, jadi ambil tanaman akuarium yang lucu dan penuh warna untuk mereka.

  2. Bettas (Cupang)
    image
    Pada suatu saat, Anda telah melihat Betta atau lebih dikenal dengan cupang dalam mangkuk atau bahkan dalam cangkir! Mereka mungkin bertahan untuk beberapa waktu dalam kondisi ini, tetapi bagi mereka untuk berkembang, diperlukan lingkungan yang tepat. Agar mereka dapat hidup dengan nyaman, suhu air idealnya sekitar 25 ° C. Sangat mudah untuk merawat mereka, tetapi perlu diketahui bahwa Betta bersifat teritorial, terutama di lingkungan kecil.

  3. Paradise fish (Macropodus opercularis)


    Sama seperti bettas, ikan paradise juga bersifat teritorial dan agresif. Jadi, lebih baik membiarkan mereka sendiri. Tapi tidak seperti bettas, ikan paradise lebih suka suhu yang lebih dingin dan bergerak lambat atau masih air dari akuarium untuk tangki yang lebih besar. Bagi mereka yang tidak ingin mencari ikan mas atau ikan guppy dapat mengadopsi jenis ini. Mereka mudah beradaptasi, tahan lama, dan penuh warna dan memberikan pilihan untuk memiliki sesuatu yang berbeda.

  4. Zebra Danios
    image
    Untuk akuarium tanpa filter, jenis ikan ini adalah yang terbaik untuk dipelihara. Mereka murah dan sangat sedikit perawatannya. Mereka mendapatkan nama Zebra karena garis-garis mereka. Mereka mengandung garis-garis cerah yang membentang horizontal ke seluruh tubuh mereka. Mereka adalah ikan yang lebih kecil, mirip dengan ikan guppy. Mereka juga tahan lama di alam tetapi tidak seperti ikan guppy, mereka adalah “ikan sosial”.

  5. Ikan mas
    image
    Setiap orang akrab dengan jenis ikan ini. Mereka mendapatkan nama mereka dari warnanya (emas). Untuk seseorang yang tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang cara merawat ikan, ini adalah pilihan yang bagus, karena mereka hanya membutuhkan perawatan minimum. Tergantung pada ukurannya, Anda perlu mengganti air setiap minggu atau dua mingguan.

  6. Gurami


    Tidak seperti bettas, Gurami adalah “shoaling fish,” yang berarti mereka bertahan lebih baik dalam kelompok. Tetapi untuk menghindari pertempuran teritorial, batasi jumlah ikan jantan untuk satu atau memiliki kelompok yang semuanya betina.

  7. Guppies
    image
    Guppies tersedia dalam beragam warna dan yang akan menambah warna pada akuarium apa pun. Sirip punggungnya besar dan berwarna cerah. Spesies jantan terlihat cantik dan berwarna lebih cerah berbeda dengan spesies betina. Perawatannya tidak terlalu sulit karena mereka bisa bertahan lebih dari seminggu tanpa makanan. Dan mengenai suhu air, mereka dapat berkembang dengan mudah bahkan ketika suhu kamar sekitar 18 ° C dan juga dapat mencapai 15 ° C untuk periode yang singkat.

  8. White Cloud Minnows


    Ikan kecil White Cloud Mountain adalah spesies ikan air tawar dan ikan air dingin yang sering disimpan di akuarium. Spesies ini adalah anggota keluarga ikan mas ordo Cypriniformes, asli Cina. Ikan kecil White Cloud Mountain praktis punah di habitat aslinya karena polusi dan pariwisata.

  9. Salt and Pepper Corydoras


    Lele garam dan merica adalah ikan air tawar tropis milik sub-keluarga Corydoradinae dari keluarga Callichthyidae. Berasal dari perairan pedalaman di Amerika Selatan, dan ditemukan di lembah Sungai Orinoco Atas di Venezuela dan Kolombia.

  10. Pea Puffer fish (Ikan buntal kerdil)
    image
    Ikan buntal kerdil, juga dikenal sebagai ikan buntal Malabar, buntal kacang adalah ikan buntal kecil air tawar endemik ke Kerala dan Karnataka selatan di India Barat Daya. Ikan ini terancam punah oleh penangkapan ikan yang berlebihan untuk perdagangan ikan hias dan oleh hilangnya habitat.

  11. Six-ray Corydoras


    Six-ray Corydoras atau corydoras palsu adalah ikan air tawar tropis milik sub-keluarga Corydoradinae dari keluarga Callichthyidae. Berasal dari perairan pedalaman di Amerika Selatan, dan ditemukan di DAS Araguaia bagian atas di Brasil. Panjang ikan bisa tumbuh hingga 2,9 sentimeter.

  12. Scarlet Badis


    Scarlet Badis (Dario dario) juga dikenal sebagai Permata Badis adalah ikan mikro indah yang berasal dari India.