Apa saja identitas nasional yang dimiliki Indonesia?


Apa saja identitas nasional yang dimiliki Indonesia?

  1. Pancasila
    Pancasila sebagai situasi kejiwaan dan karakter bangsa Indoesia yang mengandung kesadaran, cita-cita, hukum dasar,pandangan hidup telah menjadi nilai, asas, norma bagi sikap tindak bagi penguasa dan Rakyat Indonesia. Penting untuk mengamalkan pancasila karena pancasila mengandung jati diri bangsa dan negara. Pancasila telah terbukti sebagai garis halauan bersama ideologis negara bangsa Indonesia yang paling feasible dan sebab itu lebi viable bagi kehidupan bangsa hari ini dan di masa datang (Sularto,2010)

  2. Undang-Undang Dasar 1945
    UUD 1945 merupakan landasan konstutusional bagi bangsa Indonesia dalam bersikap tindak. (Anas,et all ;2017)

  3. Bahasa Indonesia
    Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan berasal dari bahasa Melayu. Keberadaan bahasa indonesia sebagai bagasa pemersatuan tidak menenggelamkan bahasa-bahasa daerah di Indonesia yang jumlahnya tidak kurang dari 300-an dialek bahasa daerah. Indentitas nasional ini tidak akan pernah menggantikan afiliasi-afiliasi kedaerahan, kesukuan, agama dan identitas lokal lainya, melainkan ada bersama berbagai identitas lokai ini (Hidayat dan Widjanarka ; 2008).

  4. Lambang Negara Garuda Indonesia dengan Semboyan Bhineka Tunggal Ika
    Garuda Indonesia melambangkan kemegahan Indonesia dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Dari segi budaya terdapat buda dan adat istiadat yang beragam. Untuk memperkokoh hal tersebut, semboyan Bhineka Tunggal Ika menjadi simbol pada lambang Garuda Pancasila. Ternyata Semboyan ini telah ada sejak zaman Majapahit yang terdapat dalam kitab Sutasoma karya Mpu Tantular. Sampai saat ini, filosofi Bhineka Tunggal Ika masih relevan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (Subagio,2013).

  5. Bendera Negara Merah Putih
    Bendera Merah Putih adalah cerminan jiwa bangsa Indonesia dengan semangatnya yang memerah dan dilandasi dengan hati yang putih. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia, keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa manusia (Miswati, 2011)

  6. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
    Lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman menggambarkan semangat cinta tanah air dan kegagahan serta kebenaran.