© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja hewan yang telah punah di Indonesia?

hewan punah di Indonesia
Kepunahan hewan terjadi akibat rusak atau hilangnya habitat asli mereka serta pemburuan secara liar yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Apa saja hewan yang telah punah di Indonesia?

  1. Harimau Jawa
    Harmau Jawa (Panthera Tigris Sondaica) adalah spesies dari Harimau yang hidup secata terbatas di Pulau Jawa. Hewan ini telah dinyatakan punak sejak tahun 1980-an akibat kerusakan habitat hutan dan pemburuan liar sejak awal abad 20. Populasinya telah menurun dratis dan telah ada upaya dari pemerintah Hindia Belanda untuk melindunginya dengan melarang pemburuan Harimau. Upaya ini dilanjutkan oleh Pemerintah Indonesia setelah kemerdekaan.

  2. Harimau Bali
    Harimau Bali (Panthera tigris balica) adalah spesies Harimau yang sudah punah dari habitatnya di Pulau Bali, Indonesia. Harimau ini adalah salah satu dari tiga spesies Harimau di Indonesia bersama dengan Harimau Jawa (telah punah) dan Harimau Sumatera (terancam punah).

  3. Kuau Bergaris Ganda
    Kuau adalah unggas yang tergabung dalam keluarga argusianus. Terdapat 2 jenis Kuau yaitu Kuau Raja (argusianus argus) dan Kuau Bergaris Ganda (argusianus bipunctatus) keduanya hewan asli dari Indonesia. Kuau Bergaris Ganda tidak pernah ditemukan lagi di habitat aslinya berdasarkan pada sejunlah bulu yang dikirimkan ke London dan dipertelakan pada tahun 1871. IUCN memasukkannya sebagai hewan yang telah punah.

4.Tikus Hidung Panjang Flores
Tikus Hidung Panjang (Paulamys naso) adalah spesies Hewan pengerat endemik Pulau Flores, Indonesia. Pertama kali spesies ini diketahui dari fragmen subfosil pada tahun 1981 dan spesimen hidup dilaporkan ditemukan hidup wilayah hutan Montane di bagian barat Flores pada tahun 1991. Hewan ini diketahui hidup di ketinggian 1.000 hingga 2.000 meter pada Gunung Ranakah, tapi diyakini hewan ini dalam keadaan bahaya disebabkan kehilangan habitat. Tikus Hidung panjang hanya satu-satunya dari genus Paulamys.

  1. Harimau Tasmania
    Harimau Tasmania (Thylacinus cynocephalus) adalah marsupial karnivora masa modern terbesar yang pernah diketahui. Binatang ini berasal dari Pulau Papua dan dinyatakan punah pada abad ke-20. Binatang ini disebut harimau tasmania karena punggungnya yang bercorak belang, namun ada juga yang menyebutnya serigala Tasmania, dan dari mulut ke mulut disebut harimau tassie (atau tazzy) atau cukup harimau saja.