Apa saja hewan unik yang ada di Hutan Amazon?

hewan unik di Amazon

Unik adalah tersendiri bentuk atau jenisnya; lain daripada yang lain dan tidak ada persamaan dengan yang lain. Jadi unik dapat dikatan sebagai sesuatu yang sangat spesial dan jarang.

1. Kinkajou
Hewan unik ini masih dapat digolongkan ke dalam jenis rakun. Hanya saja, bulu Kinkajou berwarna keemasan dan dia memiliki ekor yang kuat sehingga dapat dipakai untuk mencengkeram batang-batang pohon. Hewan pemakan buah dan penjilat nektar bunga ini sering disebut sebagai beruang madu.

2. Katak beracun
Katak ini memang memiliki warna yang indah dan menarik. Tetapi, mereka tergolong hewan yang paling beracun di muka bumi ini. Pada beberapa spesies, racunnya sangat tinggi, sehingga jika seseorang menyentuhnya saja, dapat tewas seketika.

3. Semut peluru
Nama yang cukup aneh untuk seekor semut. Semut peluru ini bukan sembarang semut. Ukuran semut ini lebih besar dibandingkan semut yang ada di rumah-rumah. Dia dapat menyengat seperti seekor tawon. Alasan diberi nama semut peluru tidak diketahui jelas, mungkin karena ukurannya yang seperti peluru, atau karena sakitnya gigitan serangga ini sama seperti daging yang tertembus peluru. Selain itu, semut ini juga diberi nama semut 24 jam, karena rasa sakit dari gigitannya membutuhkan waktu 24 jam untuk hilang.

4. Katak kaca
Uniknya katak ini. Mungkin sebagian dari kamu akan merasa jijik jika melihat katak kaca ini. Hal itu dikarenakan, seluruh bagian dalam tubuhnya akan terlihat dari luar, karena kulitnya yang transparan. Itulah sebabnya, katak ini disebut sebagai katak kaca.

5. Kadal Yesus
Hewan unik ini diberi nama kadal yesus karena reptil ini mampu berlari di atas air ketika diburu oleh pemangsa, seperti Tuhan Yesus yang berjalan di atas air. Jari kaki kadal ini memiliki selaput sehingga dia bisa menciptakan permukaan yang lebih luas saat menapak di atas air serta memiliki kantong air untuk meningkatkan tegangan pada permukaan. Itulah keunikan kadal yesus.