Apa saja hewan mematikan di Pulau Amazon?

hewan mematikan di Amazon
Hutan Amazon adalah salah satu tempat di dunia yang memiliki keragaman ekosistem yang sangat menawan. Berbagai macam hewan dan tumbuhan dapat hidup dan tumbuh berkembang di Hutan Amazon. Salah satu ekosistem luar biasa yang ada di sana adalah sungai Amazon yang merupakan salah satu dari sungai terbesar di dunia dengan debit air yang sangat banyak yang menjadi ekosistem bagi berbagai hewan yang unik dan menarik.

Selain keragamannya, sungai Amazon juga terkenal dengan keganasannya. Ada banyak sekali hewan predator yang sangat berbahaya disana. Ada juga beberapa hewan berbahaya yang ada di Sungai Amazon yang tidak aktif menyerang, namun jika diganggu akan sangat membahayakan.

  1. Caiman Hitam
    Hewan ini memiliki ukuran mencapai 6 meter. Caiman merupakan salah satu hewan yang mengerikan dan hidup di Sungai Amazon. Kalau kita bandingkan dengan buaya yang ada di Sungai Nil, ukuran Caiman jauh lebih besar, sehingga sering dikatakan Caiman menggunakan steroid. Caiman memiliki gelar sebagai Raja Sungai, karena dia bisa memangsa apapun yang sengaja memasuki ke wilayah perairannya. Apakah itu rusa, manusia, kera, piranha, bahkan anaconda.

  2. Anaconda Hijau
    Sungai Amazon merupakan habitat utama ular terbesar di dunia, yaitu anaconda. Panjang anaconda sebenarnya kalah dibandingkan dengan ular phyton, tetapi ukuran Anaconda jauh lebih besar dibandingkan dengan phyton, sehingga tubuh anaconda lebih berat dibandingkan dengan phyton. Berat ular betina mencapai 250 kg, lebih berat dari pada ular jantan. Panjang ular betina mencapai 9 meter, sementara diameter tubuhnya 30 cm. Sebenarnya ular anaconda tidak memiliki racun, tetapi jika melihat ukuran tubuh dan kekuatan lilitannya maka tentu saja ular ini sangat berbahaya. Dengan kekuatan lilitannya ini mangsa akan remuk tulangnya dan lemas karena kekurangan oksigen. Jika kita melihat bentuk fisiknya saja maka sudah bisa kita simpulkan bahwa binatang ini sangat mengerikan dan tidak mau ramah jika kita temui.

  3. Arapaima
    Ikan ini sering diberinama Arapaima gigas. Nama lainnya adalah Paiche atau Pirarucu. Walaupun ikan ini sering dijadikan ikan hias (karena bentunya mirip arwana) akan tetapi jika hidup di alam bebas ukurannya jauh lebih besar serta sangat berbahaya. Ikan yang memiliki habitat asal di sungai amazon atau danau ini termasuk karnivora raksasa yang sangat ganas. Di alam bebas, ikan dewasa bisa mencapai panjang 2,7 meter serta beratnya 90 kg. Selain giginya yang besar dan kuat, pada lidah ikan ini juga terdapat gigi yang tajam. Dengan fisik yang seperti ini arapaima gigas menjadi predator yang mengerikan di sungai Amazon.

  4. Berang-Berang Besar
    Berang-berang Besar merupakan hewan berwajah lucu yang tinggal di sungai Amazon. Sekelompok berang-berang dengan ukuran mencapai 2 meter berhasil membunuh serta memakan ular anaconda. Bahkan sekelompok binatang ini mampu membunuh Caiman dengan ukuran 1,5 meter serta bisa memakannya sampai habis dalam waktu 45 menit. Hanya saja habitat binatang ini mulai hancur gara-gara ulah manusia. Jika tidak ada manusia yang mengganggunya maka berang-berang ini merupakan predator yang paling mengerikan di sungai Amazon.

  5. Ikan Candiru
    Bicara tentang hewan yang satu ini , mungkin ini adalah monster mengerikan terkecil yang ada di sungai amazon. Jika melihat ukurannya mungkin orang tidak mengira bahwa ikan ini berbahaya. Ikan Candiru sangat tertarik dengan air kencing manusia. Orang yang kencing di sungai amazon, akan merangsang kedatangan ikan candiru ini. Ukuran candiru yang kecil menyebabkan ikan ini mampu masuk ke dalam saluran kencing dan akhirnya menghisap darah korban. Pernah ada seorang korban yang sedang kencing di Sungai Amazon, saluran kencingnya dimasuki ikan candiru. Sang pria yang menjadi korban ini akhirnya harus dioperasi untuk mengeluarkan ikan candiru yang telah menghisap darahnya. Jadi, waspadalah, jangan hanya waspada kepada monster yang besar, tapi bisa jadi monster yang kecil malah membahayakan kita.