Apa saja hewan endemik yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon?

hewan endemik di taman nasional ujung kulon
Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan taman nasional ini pada mulanya meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang dan Pulau Panaitan. Apa saja hewan endemik yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon?

  1. Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus). Jumlah Badak Jawa kini memang sangat sedikit, yakni hanya sekitar 50 hingga 60 ekor saja, dan ke semuanya itu hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon. Sehingga tidaklah heran mengapa Google mengistimewakan hewan yang satu ini dengan menjadikannya sebagai Google Doodle.

  2. Owa Jawa (Hylobates moloch). Dilansir dari situs Lingkunganhidup.co kini Owa Jawa diperkirakan hanya berjumlah kurang dari 5.000 ekor. Keberadaan hewan menggemaskan ini memang semakin terancam, salah satu penyebabnya adalah kerusakan habitat.

  3. Surili (Presbytis aygula). Pernah ditetapkan sebagai maskot PON 2016, primata yang dikenal sangat pemalu ini juga terancam punah. Meskipun Surili sebenarnya sudah tercatat sebagai hewan dilindungi sejak tahun 1979 melalui SK Menteri Pertanian No.247/Kpts/Um/1979.

  4. Anjing Hutan (Cuon alpinus javanicus). Sama seperti tiga hewan endemic Taman Nasional Ujung Kulon di atas, oleh IUCN Redlist, anjing hutan asli Indonesia ini juga dikategorikan dalam status konservasi endangered atau terancam punah.