Apa saja Hambatan Psikologis dalam Komunikasi Media Massa?

Komunikasi massa

Komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan media massa dalam penyampaian informasi yang ditujukan kepada publik dan diterima serentak.

Apa saja hambatan psikologis dalam komunikasi media massa?

Beberapa hambatan psikologis dalam komunikasi massa di antaranya kepentingan (interest), prasangka (prejudice), stereotip (stereotype) dan motivasi. Disebut sebagai hambatan psikologis karena hambatan-hambatan tersebut merupakan unsur-unsur dari kegiatan psikis manusia (Ardianto, 2014)

1. Perbedaan Kepentingan (Interest)

Kepentingan atau Interest akan membuat manusia selektif dalam menanggapi atau menghayati sebuah pesan. Mereka hanya akan memperhatikan stimulus yang berhubungan dengan kepentingannya.

Effendy dalam Ardianto (2014) menggambarkan situasi tersebut dengan tersesatnya seseorang di dalam hutan. Jika dalam beberapa hari di hutan itu ia tidak menemukan makanan, maka ia akan lebih memperhatikan stimulus yang berkaitan dengan kepentingannya; makanan.

Andai kata dalam situasi kelaparan tersebut ia dihadapkan pada dua pilihan antara sekotak emas batangan dengan makanan, maka yang menjadi pilihan utamanya adalah makanan.

2. Prasangka

Menurut Sears, prasangka berkaitan dengan persepsi orang tentang seseorang atau kelompok lain, dan sikap serta perilakunya terhadap mereka, Sears dalam Ardianto (2014).

Persepsi dipengaruhi oleh faktor personal dan faktor situasional. Faktor-faktor tersebut antara lain kebutuhan (need), pengalaman masa lalu, peran dan status.

3. Stereotipe

Stereotip merupakan gambaran atau tanggapan tertentu mengenai sifat-sifat dan watak pribadi orang atau golongan lain yang bercorak negatif (Gerungan dalam Ardianto, 2014).

Stereotip mengenai orang lain atau golongan lain sudah terbentuk pada orang yang berprasangka, meski sesungguhnya orang yang berprasangka itu belum bergaul dengan orang yang diprasangkainya. Jadi, stereotip itu terbentuk pada dirinya berdasarkan keterangan-keterangan yang kurang lengkap dan subjektif.

4. Motivasi

Motif merupakan suatu pengertian yang melingkupi semua penggerak , alasan-alasan atau dorongan-dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan manusia berbuat sesuatu. (Gerungan, 1983).

Dengan perbedaan motif di antara komunikan media massa tersebut, maka berbeda pula efek yang muncul.

Source : https://blogekibaehaki.blogspot.co.id/2017/04/hambatan-psikologis-dalam-komunikasi.html?m=1

1 Like