Apa saja hal yang wajib diperhatikan sebelum menjelajah dunia luar?

traveling

Setiap orang memiliki hobi dan cara masing-masing untuk menghilangkan rasa penat atau menenangkan diri. Biasanya mereka pergi ke luar negeri untuk mencari pengalaman dan menambah wawasan bahkan menambah teman baru. Bagi kalian yang baru pertama kali akan berencana pergi ke luar negeri maka jangan lupa untuk membawa barang-barang ini. Apa saja hal yang wajib diperhatikan sebelum menjelajah dunia luar?

1. Visa
Jika ingin liburan ke luar negeri, visa merupakan hal pertama yang harus diperhatikan jika ingin berpergian ke negara yang harus memerlukan visa. Untuk membuat visa kita hanya perlu membuka situs resmi, telepon atau datang langsung ke kedutaan besar negara yang dituju untuk mendapat informasi sebanyak-banyaknya. Dan jangan lupa mempersiapkan dokumen lengkap, karena tak jarang banyak pemohon visa yang mendapat penolakan karena satu dan lain hal. Atau bisa juga meminta bantuan dari agen wisata resmi.

2. Kurs Mata Uang
Hal kedua yang harus diperhatikan yaitu kurs mata uang negara yang akan dituju. Sebelum menukar uang, sesekali cek lah di internet kurs mata uang setempat. Tak banyak tempat penukaran uang di Indonesia yang memiliki mata uang negara-negara seperti Thailand atau India. Sebaiknya tukar dulu Rupiah ke Dolar Amerika Serikat lalu tukar di bandara setempat.

3. Libur Nasional
Selain musim dingin dan musim panas, harga tiket dan akomodasi ke luar negeri juga terbilang mahal saat negara setempat merayakan hari libur nasional. Jangan lupa juga mengecek tanggal merah di negara tujuan.

4. Tip Jasa
Berbeda dengan Asia, di Amerika dan Eropa, memberi tip untuk industri jasa adalah sebuah kepantasan. Tapi terkadang juga ada restoran yang sudah membebankan ‘service charge’ dalam bonnya. Selain restoran dan hotel, industri jasa yang pantas untuk diberi tip ialah supir taksi atau petugas spa.

5. Bahasa
Menguasai sedikit bahasa setempat bisa membantu mempermudah perjalanan wisata juga. Penguasaan bahasa daerah juga berguna jika kita melakukan tawar menawar di pasar tradisional, menanyakan jalan atau hal lainnya.

Sumber: