Apa saja hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengeringkan rambut

Mengeringkan rambut tentunya menjadi ritual yang kamu lakukan setiap selesai mencuci rambut. Tapi, tahukah kamu, mengeringkan rambut membutuhkan tips dan trik yang tepat.

  1. Membungkus rambut dengan handuk terlalu lama
    Setelah keramas, hal yang pertama dilakukan biasanya adalah mengeringkan dan membungkus rambut dengan handuk. Nggak jarang, kita membungkusnya terlalu lama. Hal ini bisa membuat rambut menjadi pecah, rontok, dan bercabang. Ini karena rambut dalam keadaan rapuh saat masih basah. Sebaiknya cukup keringkan sisa air dengan cara menepuk-nepukkan handuk pada rambut dengan lembut.

  2. Menyisir rambut dalam keadaan basah
    Ini juga jadi kesalahan yang paling umum terjadi. Demi mendapatkan rambut yang nggak kusut, banyak orang langsung menyisir rambutnya sesaat setelah keramas. Padahal hal ini tidak baik lho. Coba tunggu hingga rambutmu paling tidak setengah kering, baru gunakan sisir.

  3. Lupa mengaplikasikan heat protector saat mengeringkan rambut
    Nggak cuma saat meluruskan atau mengeriting rambut, heat protector juga dibutuhkan saat mengeringkan rambut lho. Hal ini tentunya berguna untuk melindungi batang rambut dari panasnya hair dryer. Tidak menggunakannya bisa membuat rambutmu semakin kering dan kasar. Jadi, jangan lupa dipakai yah!

  4. Menggunakan hair dryer dengan suhu tinggi
    Demi mendapatkan rambut kering secara cepat, biasanya kita akan menggunakan hair dryer dengan suhu tertinggi. Rambut sih memang kering dalam sekejap. Tapi, hal ini membuat kelembapan alami rambut hilang sehingga rambutmu jadi rusak. Oleh karena itu, gunakanlah hair dryer dengan suhu sedang atau dingin.

  5. Menggunakan sisir yang salah
    Hal ini berlaku ketika kamu melakukan blow dry. Beda rambut, beda pula sisir yang dipakai. Namun, pastikan kamu selalu memilih sisir blow dengan bahan sikat yang berkualitas agar rambut semakin berkilau.

  6. Mengeringkan rambut mulai dari belakang
    Banyak orang mengeringkan rambut dari bagian belakang terlebih dahulu. Saat berpindah ke bagian samping atau atas, bagian tersebut sebenarnya sudah mulai mengering, sehingga kamu hanya membuatnya jadi rusak ketika tetap mengeringkannya. Untuk itu, mulailah keringkan rambut dari atas, samping, lalu terakhir di bagian belakang.

  7. Melupakan perawatan pada akar rambut
    Melindungi batang rambut memang penting, tapi akar rambut nggak kalah penting lho, karena di sinilah rambutmu tumbuh. Jadi, pastikan gunakan produk perawatan rambut seperti hair tonic, agar akar rambut tetap sehat dan kuat.

Sumber: