Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat hendak melakukan perawatan keratin?

Keratin treatment adalah proses perawatan rambut untuk mengubah struktur asli rambut menjadi lebih lurus, halus, dan mudah diatur. Perawatan keratin ini dikenal dengan berbagai istilah, mulai dari smoothing, Brazilian blow-out, dan lainnya. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat hendak melakukan perawatan keratin?

Keratin tidak mengandung ‘protein’ seperti klaimnya.

Penggunaan nama keratin bukan berarti di dalamnya terdapat keratin ya. Bahan-bahan di di dalam produk perawatan keratin ini adalah bahan-bahan kimia yang melepaskan formaldehyde ketika terkena panas atau tercampur dengan air. Bahan-bahan ini bertugas untuk mengubah struktur asli rambut. Ibaratnya, jika rambut ikalmu memiliki struktur seperti tangga memutar, maka bahan kimia yang terdapat dalam krim keratin treatment adalah yang bisa mengubah bentuk tangga menjadi lurus.

Perawatan lanjutan.
Salah satu peraturan yang diberikan jika kita mendapatkan keratin treatment adalah dilarang untuk mencuci rambut selama 48 jam. Hal ini bertujuan agar rambut dapat beradaptasi dengan struktur rambut yang baru. Sebagai rencana darurat, kamu bisa investasi dry shampoo untuk digunakan saat benar-benar tidak nyaman dengan rambut pada hari kedua atau ketiga.

Rambut terasa halus bukan berarti tidak rusak.

Formaldehyde bertugas mengunci bentuk rambut agar tetap lurus meski dikeramas berkali-kali. Namun bahan kimia ini tergolong keras dan berpotensi membuat rambut rapuh semakin rusak. Terutama ujung rambt yang cederung lebih mudah kering dan bercabang.

Untuk mengatasi masalah rambut ini, gunakan Dove Total Damage Treatment Shampoo yang efektif memperbaiki tanda-tanda awal kerusakan. Kandungan Nutri-repair Actives dan keratin di dalamnya mampu menutrisi rambut secara progresif setiap kali keramas. Jika masalah rambut kering dan bercabangmu sudah parah, trim ujungnya hingga bagian yang tidak bercabang. Setelah itu lakukan perawatan rambut yang biasa, atau mungkin, potong pendek sekalian? Kami punya inspirasi model rambut pendek yang menggoda!

Mendapatkan perawatan keratin di rumah.
Perawatan keratin termasuk semi-permanen karena efeknya dapat bertahan selama 6-8 minggu, tergantung dari keadaan dan kesehatan rambutmu. Hal ini membuatnya menjadi salah satu ‘gaya rambut’ yang high maintenance karena akar rambutnya memerlukan touch up minimal enam minggu sekali.

Kalau kamu rasa kamu tidak cukup berkomitmen, ada solusi lain untuk mendapatkan rambut yang tampak lurus dan lebih mudah diatur di rumah. Kamu merekomendasikan kamu untuk mengganti shampoo dan conditioner dengan TRESemmé Keratin Smooth Shampoo dan TRESemmé Keratin Smooth Conditioner. Kandungan keratin pada kedua produk ini dapat melapisi batang rambut dengan sempurna dan membuatnya lebih mudah diatur dan tampak lebih lurus. Ini pilihan yang tepat, terutama jika rambutmu termasuk yang tingkat porositasnya tinggi atau yang bisa ditandai dengan rambut yang mudah patah, mengembang, atau kusut.

Sumber : https://www.allthingshair.com/id-id/perawatan-rambut/perawatan-rambut-khusus/pahami-4-hal-ini-sebelum-melakukan-keratin-treatment/