Apa saja hal yang membuat gagal travelling ke luar negeri?

gagal travelling

Memasuki waktu liburan, orang-orang pasti mulai antri untuk berlibur ke luar negeri, terlebih lagi saat banyaknya promo tiket pesawat murah. Memang, banyak sekali hal yang bisa dilakukan di luar negeri untuk melepas penat rutinitas sehari-hari. Sayangnya, masih banyak yang tanpa sadar alias lupa untuk mempersiapkan hal-hal kecil ini dan membuat gagal travelling ke luar negeri. Apa saja hal tersebut?

1. Persiapkan paspor kamu
Sudah jelas, syarat utama dari bepergian ke luar negeri adalah memiliki paspor. Namun, saat ingin ke luar negeri, kamu bukan hanya butuh semata-mata buku paspor, tapi paspor yang masih berlaku dan tak akan expired dalam waktu 6 bulan sampai kembali ke negara asal. Jadi, kalau paspor kamu expired di bulan Desember 2017, berarti kamu boleh meninggalkan dan kembali lagi ke Indonesia sebelum bulan Juni. Kalau kamu bepergian di atas bulan Juni, siap-siap aja kamu menemukan permasalahan, mulai dari diinterogasi sampai tidak diizinkan untuk meninggalkan Indonesia. Memang masih banyak yang belum paham mengapa peraturan ini diberlakukan padahal tanggal expired masih 6 bulan lamanya. Ternyata, hal ini memang menjadi peraturan penerbangan internasional karena ditakutkan masa paspormu habis saat berada di luar negeri. Meskipun terlihat sederhana, tapi ternyata banyak lho traveller yang gagal berangkat karena kasus yang sepele namun sering dilupakan ini. Kalau sudah kejadian, kamu tak akan bisa membujuk atau bahkan memaksa petugas imigrasi untuk mengizinkanmu berangkat walaupun dengan iming-iming resiko sendiri. Makanya, kalau kamu berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, usahakan bahwa paspormu masih aktif dalam 1 tahun terakhir biar lebih aman.

2. Selain Paspor, Persiapkan Visa!
Ada beberapa negara yang harus kamu kunjungi dengan Visa. Visa adalah surat izin yang dikeluarkan oleh perwakilan negara tujuan sebagai salah satu syarat utama dibolehkannya kamu memasuki negara tersebut. Sebelum berangkat, cek kembali tanggal visa dan tujuan berkunjung ya, jangan sampai berbeda! Kalau berbeda, kamu bisa mendapatkan masalah, parahnya lagi bisa kena deportasi alias dipulangkan ke negera asal. Buatlah visa jauh-jauh hari untuk menghindari waktu proses visa yang cukup lama.

Sumber: