Apa saja hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan teknik customer journey dalam menentukan prioritas pengembangan produk?

Dalam menentukan prioritas pengembangan produk dapat digunakan berbagai macam teknik, salah satunya yaitu menggunakan Customer Journey Framework. Namun dalam menggunakan teknik ini hal apa saja yang perlu diperhatikan?

Seringkali product manager menggunakan judgement pribadi dalam menentukan prioritas tanpa melihat dari sisi user. Oleh karena itu, dalam menggunakan teknik Customer Journey untuk menentukan prioritas pengembangan produk perlu diperhatikan hal-hal berikut.

  • Content creation
    Hal yang harus diperhatikan yang pertama yaitu content creation. Maksud dari hal ini yaitu fitur yang memudahkan user untuk membuat content. Sebagai contoh Instagram dengan upload video dan gambar dengan beragam filter yang membuat hasilnya lebih bagus.

  • Awareness
    Selanjutnya yaitu dapat dikatan sebagai fitur yang bertujuan untuk mendatangkan user. SEO optimization adalah salah satunya agar content bisa mudah dicari dari Google. Atau menampilkan gambar preview ketika link di post di Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya supaya CTR lebih tinggi. Promosi ajakan untuk download mobile apps dari web. Atau membuat campaign dengan landing page khusus misalnya salary benchmark yang dilakukan oleh karir.com.

  • Consumption
    Selain itu yang harus diperhatikan yaitu fitur yang membuat user nyaman menikmati konten yang tersedia. Misalnya untuk news portal bagaimana menampilkan artikel terkait berdasarkan kontekstual dari isi kontennya, bukan sekedar yang judulnya mirip. Lalu ada Tinder dengan swipe ke kanan dan kiri untuk memilih calon pasangan yang disukai.

  • Acquisition and Engagement
    Kemudian terdapat fitur untuk meningkatkan jumlah user yang register, login, dan melakukan engagement. Fitur paling umum dari siklus ini misalnya register dan login dengan Facebook. Memberikan komentar di artikel dan bisa saling balas membalas komentar juga salah satu bentuk engagement.

  • Retention
    Kita juga harus memperhatikan fitur yang membuat user kembali lagi menggunakan produk kita. Salah satu contoh yang paling sering dilakukan adalah menggunakan media email.

  • Monetisation
    Untuk produk yang mencari profit maka perlu memperhatikan fitur yang fokus untuk meningkatkan revenue. Produk SaaS biasanya mempunyai skema harga yang berbeda berdasarkan per jumlah user atau fitur yang ditawarkan. Produk messaging seperti BBM, Line mempunyai monetisasion berupa sticker atau gift.

Referensi

https://medium.com/@dhiku/menentukan-prioritas-dan-roadmap-produk-e29de06a52d0