Apa saja hal yang dokter bisa lakukan untuk mengatasi gusi bernanah?

Mulai dari pengobatan medis hingga alami tersedia untuk membantu Anda dalam merawat kondisi kesehatan gusi. Untuk mengobati gejala dan juga kondisi gusi bernanah itu sendiri, Apa saja hal yang dokter bisa lakukan untuk mengatasi gusi bernanah?

Ada beberapa hal dokter bisa lakukan untuk perawatan dan pengobatan gusi bernanah, yaitu:

  • Dokter bakal mengeluarkan nanah menggunakan metode drainase atau melalui sayatan tahap ringan. Ini akan dokter lakukan apabila memang jaringan gusi yang membengkak termasuk sangat lembut dan lunak. Tapi ada beberapa kasus di mana penyebaran nanah sudah terjadi dan letaknya pun semakin dalam, jadi dokter perlu melakukan pembersihan jaringan hingga ke akar gigi lebih dulu.

  • Dokter akan melakukan perawatan pada saluran akar jika mulainya infeksi adalah dari gigi yang berlubang. Saat sudah bersih serta pasien tak merasakan sakit lagi, penambalan adalah yang akan dilakukan oleh dokter.

  • Pencabutan gigi adalah langkah yang akan diambil dokter dalam proses perawatan. Ini akan berlaku pada pasien yang giginya telah membusuk dan rusak sehingga dokter pun angkat tangan untuk memperbaikinya seperti normal kembali.
    (Baca juga: cara mengatasi gusi bengkak)

Selain dari perawatan yang dilakukan oleh dokter tersebut, Anda juga bisa merawat atau mengobati gusi Anda sendiri dengan cara-cara seperti di bawah ini.

  • Mengonsumsi Obat Pereda Rasa Sakit
    Jenis obat analgesik sebenarnya bisa diandalkan juga dalam mengobati gangguan kesehatan gusi. Obat pengurang rasa sakit akan dapat mengatasi kondisi mulut yang tak nyaman yang dikarenakan pembengkakan pada gusi. Analgesik yang Anda bisa temukan dengan mudah cukup banyak, jadi seharusnya tak ada alasan untuk tidak dapat menggunakan obat ini. Contoh paling dekat dan mudah adalah antalgin atau metampiron, ibuprofen, atau bahkan asam mefenamat yang sudah terbukti kemujarabannya. Sementara itu, ada juga jenis-jenis antibiotik dan manfaatnya yang dapat Anda pertimbangkan juga. Antibiotik juga cukup sering digunakan sebagai pembunuh bakteri yang menjadi pemicu infeksi gusi. Namun ketahui pula adanya bahaya antibiotik tanpa resep dokter, jadi pastikan bahwa penggunaannya menurut apa yang sudah dokter Anda anjurkan. Obat lainnya adalah obat anti radang yang bisa menurunkan peradangan pada gusi serta daerah lainnya yang di dekat gusi. Sama halnya dengan antibiotik, Anda perlu mengonsumsinya sesuai anjuran dokter.

  • Memanfaatkan Lidah Buaya
    Selain khasiat lidah buaya untuk kulit yang begitu besar dan sudah sangat terkenal, lidah buaya dengan sifat anti inflamasinya mampu mengobati gusi bernanah sekalipun. Untuk penyakit gusi seperti ini, Anda bisa langsung ambil gel segar dari daun lidah buaya seperti biasa dan oles bagian gusi sambil memijat-mijatnya lembut. Supaya bakteri dapat terbunuh total, Anda perlu meninggalkannya sejenak sekitar 30 menit sebelum membilas bagian gusi yang diobati tadi. Dalam sehari, Anda dapat melakukan perawatan ini beberapa kali. Karena sebagai antimikroba, tak salah lagi bahwa bau mulut dan masalah sariawan pun bisa Anda atasi dengan tanaman ini.

  • Menggunakan Gambir
    Untuk pengobatan alami lainnya, Anda boleh melirik gambir yang bisa disediakan sebanyak 3 potong, lalu 2 gelas air matang, bersama dengan empu kunyit ½ jari saja. Bersihkan dulu kedua bahan yang kemudian dilanjutkan dengan mengirisnya tipis-tipis. Tuang 2 gelas air tadi ke sebuah wadah, sebaiknya gunakna panci. Masukkan kedua bahan ke dalam air tersebut untuk direbus dan tunggu hingga mendidih, serta sudah tersisa segelas. Air rebusan inilah yang berguna sebagai penolong Anda dengan cara berkumur sehari 3-4 kali setelah kondisinya sudah agak hangat.

  • Memakai Hidrogen Peroksida
    Sifat antibakteri dalam hidrogen peroksida cukup tinggi dan kuat sehingga untuk gusi bernanah dan bengkak bagus untuk dijadikan solusi. Bahkan selain mampu mengobati masalah gusi, hidrogen peroksida mempunyai manfaat untuk memutihkan atau mencerahkan kulit Anda. Hanya saja, tak boleh lebih dari 3 persen ketika menggunakan larutan ini karena tetap saja dikhawatirkan akan ada efek sampingnya. Untuk memulai pengobatan, Anda bisa campurkan hidrogen peroksida ke air yang kemudian dapat digunakan sebagai obat kumur. Selama beberapa detik, bilas bagian dalam mulut dan lakukan pengobatan ini seminggu beberapa kali hingga gusi pulih kembali. Atau bersikat gigilah menggunakan campuran hidrogen peroksida dan sesendok teh baking soda yang dibuat dalam bentuk pasta.

  • Mengoles dengan Minyak Cengkeh
    Minyak satu ini sangat alami dalam mengatasi penyakit mulut dan apapun yang menjadi penyebab gusi bengkak dan sakit, minyak cengkeh solusi terbaiknya. Penggunaannya pun termasuk mudah karena minyak cengkeh hanya perlu dioles ke bagian gusi yang terasa sakit dan membengkak. Pastikan hal ini dilakukan sehari 3 kali sesudah Anda makan setiap hari sampai gusi yang bengkak mengempis sehingga tidak sampai mengeluarkan nanah. Lanjutkan pemakaian hingga benar-benar sembuh di mana kemerahan dan rasa sakit pun hilang.

  • Berkumur Air Garam Hangat
    Obat tradisional lainnya yang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit mulut, termasuk gusi bernanah dan bengkak adalah air garam hangat. Air putih segelas yang dalam keadaan hangat dapat Anda campurkan dengan garam sesendok teh. Kemudian pakai air tersebut untuk berkumur seperti ketika ini dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan. Sehari 2 kali adalah penggunaan yang disarankan.

  • Berkumur Larutan Campuran Air Hangat dan Lemon
    Lemon dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan sangat bagus dalam mengatasi penyakit gusi maupun gigi. Sebagai buah yang mengandung vitamin C super tinggi, airnya adalah yang paling bisa dimanfaatkan dan peraslah secukupnya untuk Anda campur ke dalam setengah gelas air putih yang masih hangat. Sama seperti air garam hangat, gunakan ramuan ini untuk kumur-kumur sehari 2 kali demi hasil terbaik.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/penyakit-gigi-dan-mulut/gusi-bernanah