Apa saja hal mendasar yang harus diketahui setiap programmer?

Programming merupakan skill yang harus dimiliki setiap orang menurut Steve Jobs, karena mengajarkan kita untuk berfikir.

Apa saja hal mendasar yang harus diketahui setiap programmer?

Programmer merupakan orang yang mempunyai keahlian dibidang komputer seperti merancang dan menulis program menggunakan bahasa pemrograman. Karena itu, seorang programmer harus mengetahui beberapa hal penting sebagai berikut:

  1. Kemampuan Logika. Hal ini mengacu pada kemampuan rasional untuk berpikir secara lurus, tepat, teratur, dan masuk akal. Kemampuan ini merupakan kemampuan dasar bagi seorang programmer sehingga tanpa kemampuan logika maka seorang programmer tidak akan bisa membuat sebuah program dengan benar.

  2. Algoritma Pemrograman. Hal ini merupakan dasar atau awalan dalam membuat sebuah program atau bisa dibilang sebagai kerangka dari program yang akan dibuat. Dengan algoritma yang telah dibuat, sebuah program akan terancang dengan sangat jelas dan logis sehingga memudahkan dalam pembuatan program.

  3. Pelajari dasar pemrograman karena tiap bahasa pemrograman memiliki bahasanya yang berbeda-beda namun dasarnya tetap sama. Sehingga dasar dari pemrograman perlu untuk dipelajari dan diingat sebagai pengembangan.

  4. Up to date. Sebagai programmer kita dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru sehingga kita perlu membaca berita, blog, atau apapun yang dapat menambah wawasan.

Sumber:
https://www.quora.com/What-are-some-of-the-most-basic-things-every-programmer-should-know


Menjadi seorang programmer mempunyai banyak sekali potensi sekarang ini, bukan hanya sebatas sebagai karir saja tetapi bisa juga sebagai alat untuk berwirausaha. Sebagai seorang programmer tentunya mempunyai kemampuan untuk membuat sesuatu yang terlintas dalam pikiran hanya dengan bantuan sebuah komputer. Keterampilan yg dimiliki bisa dimanfaatkan untuk membuat sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Di bawah ini merupakan beberapa skill yang diperlukan sebagai Programmer:

  1. Programming. Setiap Programmer sudah sepastinya bisa menulis program komputer setidaknya satu bahasa komputer. Penulisan program komputer bisa dalam berbagai variasi sesuai dengan tujuan pembuatan program.

  2. Berpikir Kritis. Dengan meggunakan logika dan alasan yang logis untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari berbagai solusi alternatif, keputusan atau pendekatan terhadap masalah.

  3. Pemecahan Masalah yang Kompleks. Mengenali masalah yang kompleks dan meninjau kembali hubungan antar informasi untuk mengembangkan dan mengevaluasi dari berbagai pilihan dan pengimplementasian solusi.

  4. Aktif Belajar. Memahami maksud dari informasi baru diantara arus dan pemecahan masalah kedepannya dan pengambilan keputusan.

  5. Pemahaman Membaca. Memahami kalimat-kalimat dan paragraf tulisan dalam menghubungkan dokumen-dokumen yang ada.

  6. Belajar strategi. Memilih dan menggunakan metode pelatihan atau instruksi dan prosedur yang sesuai dengan situasi disaat belajar atau mengajar sesuatu hal baru.

  7. Operasi Analisis. Kebutuhan dalam menganalisis dan persyaratan produk untuk membuat sebuah desain

  8. Desain Teknologi. Memproduksi dan mengadaptasi peralatan dan teknologi untuk melayani keperluan pengguna

  9. Penyelesaian Masalah. Menentukan penyebab dari errornya operasi dan memutuskan hal apa saja yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya.

  10. Sistem Analisis. Menentukan bagaimana sebuah sistem harus bekerja dan bagaimana mengubahnya dalam kondisi, operasi, dan lingkungan yang akan mempengaruhi keluarannya.

  11. Matematika. Menggunakan matematika untuk menyelesaikan masalah

  12. Mengatur Kualitas Analisis. Melakukan tes dan pemeriksaan produk, pelayanan, atau proses untuk mengevaluasi kualitas atau performa.

Sumber:
https://job-descriptions.careerplanner.com/Computer-Programmers-3.cfm