Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih baju hamil?

memilih baju hamil

Ketika hamil, baik kondisi tubuh, kesehatan maupun psikis seseorang pasti berbeda dengan ketika kondisi tidak hamil. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih baju hamil ?

Memasuki masa kehamilan trimester kedua tentu perut sudah agak membesar maka bisa mulai membeli model baju hamil terbaru. Baju hamil ini didesain khusus memiliki area perut yang lebih besar supaya perut ibu hamil yang buncit bisa tetap mendapatkan baju yang nyaman. Sebab untuk model baju konvensional biasanya ukuran perut atau pinggang disesuaikan dengan ukuran dari bahu, otomatis tidak akan muat lagi jika sudah hamil tua.

Tetap modis meskipun saat hamil tua kini semakin mudah dilakukan karena banyak toko online dan offline yang khusus menyediakan baju hamil. Baju hamil ini kemudian didesain secara apik dan menarik, ada yang dibuat dari bahan katun dan kaos untuk dipakai di rumah. Ada pula yang didesain lebih elegan memakai bahan atau kain yang mewah untuk acara formal dan istimewa, misal kondangan ke pernikahan teman ataupun pernikahan saudara.

Tips Bijak Membeli Baju Hamil

Sekalipun masa kehamilan terbilang singkat yakni 9 bulan, dan pemakaian baju hamil mungkin berperan di trimester akhir. Namun tetap ideal jika menyediakannya namun jangan asal beli melainkan simak tips berikut agar tidak menyesal sudah membelinya:

  1. Tunggu hingga hamil besar,
    Supaya tetap nyaman beraktivitas selama masa kehamilan maka gunakan baju hamil yang tepat dan dibeli disaat yang tepat pula. Sekiranya baju lama Anda masih muat dan nyaman dipakai karena perut belum terlalu besar baiknya dipakai dulu. Tunggu sampai perut membesar baru belanja baju hamil supaya efisien dan tidak boros.

  2. Beli baju hamil untuk keluar rumah saja,
    Paling hemat dan juga nyaman adalah membeli model baju hamil terbaru untuk dipakai di luar rumah. Artinya setiap ada acara keluar rumah barulah Anda memakai baju hamil tersebut jadi beli dalam jumlah sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk menunjang aktifitas di dalam rumah Anda masih bisa memakai baju suami yang tentu lumayan besar seperti kaos atau celana pendek yang dipakai suami di rumah sehingga tidak belanja baju hamil berlebihan.

  3. Pastikan bahannya dingin,
    Selama hamil semua perempuan dijamin mengakui jika selalu merasa kepanasan karena memang produksi keringat lebih banyak dibanding masa sebelum hamil. Oleh sebab itu usahakan memakai baju hamil yang bahannya dingin karena mudah menyerap keringat supaya tidak kepanasan. Kalau keringat tidak mengganggu aktifitas karena tidak berlebihan dijamin nyaman dalam mengurus segala keperluan, sehingga Anda masih bisa aktif bergerak dan mengerjakan rutinitas apapun.

  4. Modelnya memang pas di hati Anda,
    Model baju hamil ini dijamin sangat banyak dan tentu masing-masing nampak menarik dengan desain dan aksesoris yang terdapat di dalamnya. Jadi silahkan memilih model yang pas dengan selera Anda supaya menyukainya dan merasakan kenyamanan saat mengenakan baju tersebut. Model yang biasa tidak menjadi masalah asalkan Anda menyukainya, karena selera orang soal busana memang berbeda-beda ada yang biasa ada yang agak glamor.

Baju hamil didesain memberi kenyamanan bagi ibu hamil besar agar tetap leluasa bergerak dan beraktivitas. Hanya saja pilihan modelnya banyak dan mempergunakan jenis kain yang beraneka rupa kalau asal memilih tentu akan kecewa dengan kualitasnya. Kemudian kenali kapan waktu yang tepat untuk mulai membeli baju hamil tersebut, kalau buru-buru dikhawatirkan malah boros dan lekas tidak muat. Jangan sampai model baju hamil terbaru yang dibeli hanya bisa dipakai seminggu saja.