Apa saja hal-hal penting yang perlu diketahui sebelum ke Thailand?

Tailand

Selain ke Singapura, banyak banget maskapai penerbangan yang ngasih promo tiket murah ke Thailand. Makanya, nggak heran banyak juga wisatawan Indonesia yang pergi ke Thailand. Buat kamu yang mau jalan-jalan ke Thailand liburan mendatang, apa saja hal-hal penting tentang Thailand?

  1. Kalau mau tanya soal rajanya, browsing aja!
    Rakyat Thailand itu sangat menghormati rajanya. Sebagai turis, kamu dilarang keras untuk nanya-nanya soal rajanya. Kalau emang kamu penasaran, mendingan kamu browsing aja. Selain itu, kamu juga nggak boleh berlaku seenaknya terhadap uang Thailand. Di situ kan ada gambar rajanya. Selain menghormati raja, nasionalisme warga Thailand juga keliatan banget dari pemutaran lagu kebangsaannya di tempat umum setiap hari pukul 8 pagi dan 6 sore. Jadi, jangan kaget.

  2. Posisi kepalamu harus lebih rendah dibandingkan kepala patung Budha
    Kalau lagi foto sama patung Budha, pastiin kepala kamu nggak berada lebih tinggi dibandingkan kepala patung Budhanya itu sendiri. Kalau nggak, kamu bakalan dianggap nggak sopan. Usahain untuk menunduk atau duduk berlutut. Dilarang keras juga untuk manjat patung Budha ya.

  3. Bawa tisu toilet kemana-mana
    Sama kayak di Indonesia, toilet umum di Thailand juga umumnya kurang terjaga kebersihannya. Makanya, pastiin kamu selalu bawa tisu kemana-mana.

  4. Kalkulator untuk menawar
    Meski menjadi salah satu objek wisata, tapi nggak semua penjual di Thailand itu fasih berbahasa Inggris. Daripada kamu kesulitan untuk ngerti bahasa Inggris versi logat mereka dan terjadi miskom, mendingan kamu bawa kalkulator dan minta dia untuk nulisin harganya.

  5. Cobain mangga! Terkenal enak banget!
    Kalau biasanya pohon mangga berbuah sekali setahun, mangga Thailand ini berbuah tiga kali dalam setahun! Rasanya juga terkenal lebih nikmat, manis, lembut dan juga berair. Belum ke Thailand namanya kalau kamu nggak cobain mangganya!

Sumber: